SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
Nama Sekolah : SMK
Kelas : X
Bidang Keahlian : Semua Bidang keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua
Kompetensi Keahlian
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian Bahasa Inggris pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah,
dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4
(Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive) 4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks penggunaannya. |
3.1.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai jati diri dan hubungan
keluarga 3.1.2
Membedakan ungkapan meminta dan memberi informasi mengenai jati diri dan hubungan keluarga
formal dan tidak formal 4.1.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai
jati diri dan hubungan keluarga 4.1.2 Meminta
informasi mengenai jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan 4.1.3 Memberi
informasi mengenai jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang menanyakan dan memaparkan jati diri dan
hubungan keluarga a.
Fungsi Sosial: Untuk memperkenalkan dan menyebutkan
identitas diri dan hubungan keluarga dan untuk mengembangkan komunikasi dan
menjalin hubungan interpersonal dengan yang lain b. Struktur Teks: - Ungkapan Pembuka - Ungkapan pertukaran informasi tentang jati diri: ü May I know your name, please? ü What is your address? ü My name is Ali. ü I’m a worker. ü I have two sisters and no brother. ü I like cooking and watching movies. - Ungkapan Penutup c.
Unsur kebahasaan: - Kosakata terkait jati diri dan
hubungan keluarga: name, address, age, education, job, family, dll - Grammar: ü Pronouns (subjective, objective, possessive, adjectives) - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata & intonasi yang jelas dan tepat ketika
mempresentasikan secara lisan |
6 |
1. Mengamati teks tulis dan lisan tentang
jati diri dan hubungan keluarga; 2. Menganalisis (mengidentifikasi dan
membedakan) ungkapan dan informasi tentang
jati diri dan keluarga yang terdapat dalam teks; 3. Dalam kelompok, mengumpulkan data mengenai ungkapan meminta dan memberi
informasi tentang jati diri dan
hubungan keluarga; 4. Mendiskusikan, membedakan dan mengelompokkan ungkapan-ungkapan tentang jati diri dan hubungan keluarga 5. Menerapkan penggunaan ungkapan jati diri dan hubungan keluarga ke dalam
latihan lisan dan tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang meminta dan memberi informasi
tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan; 7. Mengkomunikasikan teks tulis dan lisan
tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan |
a.
Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. 4.2 Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan memberikan
ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. |
3.2.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks tulis dan lisan mengenai ungkapan
memberikan selamat 3.2.2
Membedakan ungkapan memberikan selamat yang formal dan tidak formal 4.2.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai
ungkapan mengucapkan selamat 4.2.2 Memberi
ucapan selamat dengan menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan 4.2.3 Merespon
ucapan selamat dengan menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang ucapan selamat a.
Fungsi sosial: Untuk memberi ucapan selamat dan untuk
menjaga hubungan interpersonal dengan
yang lain b. Struktur Teks: - Ungkapan pembuka - Ungkapan pertukaran informasi tentang ucapan selamat : ü Excellent! ü You really did it well, Ali! ü I’m so proud of you. - Ungkapan merespon: ü Thank you. ü That’s very kind of you. c.
Unsur Bahasa: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Adjective: great, fantastic, awesome. ü Simple Present Tense ü Simple Past Tense - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata & intonasi ketika mempresentasikan secara lisan |
6 |
1. Mengamati teks tulis dan lisan tentang
mengucapkan selamat dan responnya; 2. Menganalisis ungkapan memberikan ucapan selamat dan responnya yang
terdapat dalam teks; 3. Dalam kelompok, mengumpulkan data mengenai ungkapan memberikan ucapan
selamat dan responnya; 4. Mendiskusikan, membedakan dan mengelompokkan ungkapan-ungkapan tentang memberikan ucapan selamat dan responnya; 5. Menerapkan penggunaan ucapan selamat dan responnya dalam latihan lisan
dan tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang mengucapkan selamat dan responnya; 7. Mengkomunikasikan teks tulis dan lisan
tentang ucapan selamat dan responnya dengan menggunakan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b. Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to) 4.3 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
penggunaannya. |
3.3.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai niat melakukan sesuatu
tindakan/kegiatan 3.3.2
Membedakan makna dari berbagai ungkapan mengenai niat melakukan sesuatu
tindakan/kegiatan 4.3.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai niat
melakukan sesuatu tindakan/kegiatan dengan menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan 4.3.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan tulis
niat melakukan sesuatu tindakan/kegiatan dengan menggunakan struktur teks dan
unsur bahasa yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang niat melakukan sesuatu tidakan/kegiatan a.
Fungsi sosial: Untuk menanyakan dan menyatakan
niat/rencana melakukan sesuatu tindakan/kegiatan dan untuk mengembangkan komunikasi dan hubungan
interpersonal dengan yang lain b. Struktur Teks: - Ungkapan pembuka - Ungkapan pertukaran informasi tentang niat melakukan sesuatu: ü I’m going to continue my study abroad. ü I’d like to tell you my educational background. ü I will tell you about my new job in Jakarta. - Ungkapan penutup c.
Unsur Bahasa: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Future Tense ü Modal (Would like to, will, be going to) - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata & intonasi ketika mempresentasikan secara
lisan |
6 |
1. Mengamati teks lisan dan tulis
tentang niat melakukan sesuatu tindakan/kegiatan 2. Menganalisis (mengidentifikasi dan membedakan makna) ungkapan
tentang niat melakukan sesuatu tindakan/kegiatan
yang terdapat dalam teks 3. Dalam kelompok, mengumpulkan data mengenai ungkapan niat melakukan
sesuatu tindakan/kegiatan; 4. Mendiskusikan, membandingkan dan mnegleompokkan ungkapan niat melakukan
sesuatu tindakan/kegiatan; 5. Menerapkan penggunaan ungkapan niat melakukan sesuatu ke dalam latihan lisan dan tertulis dengan
tepat sesuai dengan konteks penggunaan; 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang niat melakukan sesuatu
tindakan/kegiatan dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang
tepat sesuai konteks penggunaan; 7. Mengkomunikasikan ungkapan mengenai niat melakukan sesuatu tindakan/kegiatan
dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks
penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.4 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana
terkait orang, benda dan tempat
sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.4 Menyusun teks deskriptif
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan tempat,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks |
3.4.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur bahasa dalam teks mengenai memberi dan meminta informasi pendek dan
sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks
penggunaannya. 3.4.2 Membedakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang,
benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.4.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai memberi dan meminta informasi pendek dan
sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks
penggunaannya. 4.4.2 Menyusun
teks tulis dan lisan mengenai memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang,
benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.4.3 Mengkomunikasikan secara lisan dan tulis
memberi dan meminta
informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
dengan konteks penggunaan |
Teks deskriptif lisan dan tulis
tentang orang, benda dan tempat a.
Fungsi sosial: Untuk mendeskripsikan orang,
benda dan tempat dan untuk mengembangkan komunikasi interpersonal dengan
yang lain b. Struktur Teks: Descriptive text: - Identification - Description c.
Unsur Kebahasaan: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Noun phrase ü Adjective -
Ejaan dan tanda baca yang jelas
dan rapi. -
Ucapan, tekanan kata & intonasi ketika mempresentasikan secara lisan |
12 |
1. Mengamati teks lisan dan tulis tentang
meminta dan memberi
informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat; 2. Menganalisis ungkapan tentang meminta dan memberi informasi pendek dan
sederhana terkait orang, benda dan tempat yang terdapat dalam
teks; 3. Mengumpulkan data mengenai ungkapan meminta dan memberi informasi pendek dan sederhana terkait orang,
benda dan tempat 4. Mendiskusikan dan menganalisis ungkapan meminta dan memberi informasi pendek dan sederhana terkait orang,
benda dan tempat; 5. Menerapkan penggunaan ungkapan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang,
benda dan tempat ke dalam latihan lisan dan tulis dengan
tepat sesuai dengan konteks penggunaan; 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi pendek dan
sederhana terkait orang, benda dan tempat dengan menggunakan
struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan; 7. Mengkomunikasikan secara lisan dan tulis ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi pendek dan
sederhana terkait orang, benda dan tempat dengan menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang tepat sesuai konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.5 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya 4.5 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
3.5.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur bahasa dalam teks mengenai pemberitahuan (announcement) sesuai dengan
konteks penggunaannya. 3.5.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai pemberitahuan (announcement) sesuai dengan
konteks penggunaannya. 4.5.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai pemberitahuan (announcement) sesuai dengan
konteks penggunaannya. 4.5.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan
tertulis pemberitahuan
(announcement) dengan menggunakan struktur teks dan unsur
bahasa yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang pengumuman a.
Fungsi sosial: Untuk
memberitahukan suatu informasi kepada publik b. Struktur Teks: - Ungkapan Pembuka - Isi pengumuman - Ungkapan Penutup c. Unsur Bahasa: · Kosakata: yang terkait dengan topik · Grammar: Gerund ·
Ejaan dan tulisan tangan dan
cetak yang jelas dan rapi. · Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan |
6 |
1. Mengamati teks lisan dan tulis
tentang pemberitahuan
(announcement); 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa
tentang teks pemberitahuan (announcement) yang terdapat dalam teks; 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai contoh teks pemberitahuan (announcement); 4. Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai teks pemberitahuan (announcement); 5. Menerapkan struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement) ke dalam latihan lisan dan
tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan; 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan mengenai teks pemngumuman dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
konteks penggunaan; 7. Mengkomunikasikan teks pemberitahuan
(announcement) secara lisan
dan tulis dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.6 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/
kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense) 4.6 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek
dan sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan
kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.6.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai memberi dan meminta informasi terkait
kejadian di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.6.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi terkait
kejadian di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.6.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai memberi dan meminta informasi terkait
kejadian di waktu lampau sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.6.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan
tertulis memberi dan
meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
dengan konteks penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang keadaan/kejadian yang di waktu lampau (Past Simple dan Present Perfect Tense) a.
Fungsi sosial: Untuk menanyakan
dan menceritakan keadaan/kejadian di masa lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang nerujuk pada kesudahannya b. Struktur Teks: ü I left my dictionary at school tthis afternoon ü I have prepared everything for the examination c.
Unsur Kebahasaan: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Simple Past Tense ü Present Perfect -
Ejaan dan tanda baca yang jelas
dan rapi. - Ucapan, tekanan kata dan intonasi ketika
mempresentasikan secara lisan |
9 |
1. Mengamati teks tulis dan lisan
tentang memberi dan
meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau; 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan tentang memberi dan meminta informasi terkait
kejadian di waktu lampau yang terdapat dalam teks; 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan
meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau; 4. Mendiskusikan, membedakan dan
mengelompokkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan dari berbagai teks tentang memberi dan meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau 5. Menerapkan penggunaan ungkapan memberi dan meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau ke dalam latihan lisan dan
tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
konteks penggunaan; 7. Mengkomunikasikan ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi terkait kejadian di waktu lampau dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.7
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait peristiwa/pengalaman sesuai dengan konteks penggunaannya 4. 7 Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
3.7.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks recount sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.7.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari teks recount sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.7.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai
teks recount sesuai dengan
konteks penggunaannya. 4.7.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan tulis teks recount dengan
menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan |
Teks Recount a.
Fungsi sosial: Untuk menceritakan kejadian di masa lampau b. Struktur Teks: Teks Recount - Pembuka - Peristiwa - Penutup c.
Unsur Kebahasaan: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: Simple Past Tense - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata & intonasi ketika mempresentasikan secara lisan |
9 |
1.
Mengamati teks recount lisan dan tulis; 2.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan tentang teks recount yang terdapat
dalam teks; 3.
Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks recount 4.
Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari berbagai teks recount 5. Mengkomunikasikan informasi dan isi dari teks recount dengan menggunakan
struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.8
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.8 Menyajikan
teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan
secara benar dan sesuai konteks |
3.8.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana sesuai dengan
konteks penggunaannya. 3.8.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.8.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai beberapa
teks naratif dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana sesuai dengan
konteks penggunaannya. 4.8.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan
tertulis beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait legenda rakyat sederhana dengan
menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan |
Teks Naratif a.
Fungsi sosial: - Untuk menghibur - Untuk memperkenalkan nilai moral - Untuk memperkenalkan nilai budaya b. Struktur Teks: Teks Narative - Orientasi - Kompleksitas - Resolusi c.
Unsur Bahasa: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Simple Past Tense ü Reported Speech - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata & intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan |
9 |
1. Mengamati teks naratif lisan dan tulis dalam bentuk legenda rakyat
sederhana; 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan tentang teks
naratif lisan dan tulis dalam bentuk legenda rakyat sederhana 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks naratif lisan berupa legenda rakyat
sederhana; 4. Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dalam beberapa teks naratif berupa legenda rakyat sederhana 5.
Menceritakan kembali isi dari teks
naratif dalam bentuk legenda secara lisan
dan tulis dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa
yang tepat sesuai konteks penggunaan 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang teks naratif berupa legenda dengan menggunakan struktur teks dan unsur
bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan; |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.9
Menganalisis fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo,
menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di
dunia kerja. 4.9 Menyusun
teks khusus dalam bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda (signs) lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks. |
3.9.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur bahasa dalam teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat
kerja sesuai dengan
konteks penggunaannya. 3.9.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.9.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai beberapa
teks teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi
dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.9.2 Mengkomunikasikan
secara lisan dan tertulis beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu,
schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah atau tempat kerja dengan menggunakan
struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan |
• Teks memo • Teks menu · Teks jadwal · Teks Tanda/Rambu a.
Fungsi sosial: - Untuk memberi informasi mengenai sesuatu, menu, jadwal dan tanda/rambu di
tempat umum b. Struktur Teks: Memo: - Pembuka - Isi - Penutup c.
Unsur kebahasaan: - Kosa kata: yang terkait dengan topik - Ex: Tanda “P” berarti anda dapat
parkir di sini. - Grammar: ü Simple Present Tense ü Simple sentences - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata & intonasi ketika mempresentasikan secara lisan |
12 |
1. Mengamati teks tentang teks
khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan tentang teks
khusus dalam bentuk memo, menu,
schedule dan signs dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja yang terdapat dalam teks 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks
khusus dalam bentuk memo, menu,
schedule dan signs dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja 4. Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari teks khusus dalam bentuk memo, menu,
schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah atau tempat kerja 5. Menerapkan penggunaan teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule
dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau
tempat kerja ke dalam latihan lisan dan tertulis dengan tepat
sesuai dengan konteks penggunaan 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang teks khusus dalam bentuk
memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan sekolah atau tempat kerja dengan menggunakan
struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai konteks penggunaan; 7.
Mengkomunikasikan ungkapan
mengenai teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule
dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah atau
tempat kerja dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa
yang tepat sesuai konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.10
Menerapkan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya. 4.10 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member
dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks. |
3.10.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam memberi dan meminta informasi
terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.10.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari memberi dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat sesuai
dengan konteks penggunaannya. 4.10.1 Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai beberapa
memberi dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat sesuai
dengan konteks penggunaannya. 4.10.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan
tertulis beberapa memberi dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa
yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang perbandingan kata sifat a.
Fungsi sosial: Untuk
membandingkan sifat tentang sesuatu atau seseorang dalam mengembangkan
komunikasi interpersonal dengan yang laian b.
Struktur Teks: - Ali is taller than his brother. - Reading books is more interesting than listening to music. c.
Unsur kebahasaan: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Adjective - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan |
9 |
1.
Mengamati teks lisan dan tulis tentang ungkapan meminta dan memberi informasi terkait perbandingan kata sifat tentang
sesuatu atau seseorang; 2.
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan tentang memberi dan
meminta informasi terkait perbandingan kata sifat tentang sesuatu atau seseorang yang terdapat dalam teks; 3.
Mengumpulkan data mengenai struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan kata sifat tentang sesuatu/seseorang; 4.
Mendiskusikan dan menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan kata sifat tentang sesuatu/seseorang; 5.
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat ke dalam
latihan lisan dan tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks penggunaan; 6.
Mengkomunikasikan ungkapan
mengenai memberi dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat tentang seseorang/seseorang dengan menggunakan
struktur teks dan uns ur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.11
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja. 4.11 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan
memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks di dunia kerja. |
3.11.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai memberi dan meminta informasi tentang petunjuk
arah sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.11.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi tentang
petunjuk arah sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.11.1 Menyusun
teks lisan dan tertulis mengenai memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah sesuai dengan
konteks penggunaannya. 4.11.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan
tertulis mengenai memberi
dan meminta informasi tentang petunjuk arah dengan
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan yang tepat sesuai dengan
konteks penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang meminta dan memberi petunjuk arah a.
Fungsi sosial: Untuk meminta
dan memberi petunjuk arah dalam
mengembangkan komunikasi interpersonal dengan yang lain b.
Struktur Teks: - Could you show me where the nearest bank is? - Just go down the street and turn left c.
Unsur kebahasaan: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Preposition of place ü Modal -
Ejaan dan tanda baca yang jelas,
rapi dan tepat -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan |
9 |
1. Mengamati teks lisan dan tulis
tentang meminta dan memberi petunjuk arah; 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa
tentang meminta
dan memberi petunjuk arah yang terdapat dalam teks; 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai contoh teks meminta dan memberi
petunjuk arah; 4. Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai teks meminta dan memberi
petunjuk arah; 5. Menerapkan struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks meminta dan memberi
petunjuk arah ke dalam latihan lisan dan tertulis dengan tepat sesuai dengan
konteks penggunaan; 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan mengenai meminta dan
memberi petunjuk arah dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang
tepat sesuai konteks penggunaan; 7. Mengkomunikasikan teks meminta dan memberi petunjuk arah secara lisan dan
tulis dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
konteks penggunaan |
a. Pengetahuan: Tertulis b.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.12
Menganalisis fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana
(simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja. 4.12 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan/tugas-tugas
rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
dunia kerja. |
3.12.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.12.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi tentang
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks
penggunaannya. 4.12.1
Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.12.2
Mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis memberi dan meminta informasi tentang
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan
menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai dengan konteks
penggunaan |
Teks lisan dan tulis tentang kegiatan/tugas-tugas rutin
sederhana a.
Fungsi sosial: Untuk meminta
dan memberi informasi tentang kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana dalam mengembangkan komunikasi interpersonal dengan yang laian b.
Struktur Teks: - Sheila writes letters every day. c.
Unsur kebahasaan: - Kosakata: yang terkait dengan topik - Grammar: ü Simple Present Tense ü Adverb of time ü Adverb of frequency - Ejaan dan tanda baca yang jelas, rapi dan tepat - Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan |
9 |
1. Mengamati teks lisan dan tulis
tentang kegiatan/tugas-tugas
rutin sederhana; 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa
tentang kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana yang terdapat dalam teks; 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai contoh teks kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana; 4. Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana; 5. Menerapkan struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana ke dalam latihan lisan dan tertulis dengan tepat sesuai dengan konteks
penggunaan; 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan mengenai teks kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai
konteks penggunaan; 7.
Mengkomunikasikan teks kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana secara lisan dan tulis dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa
yang tepat sesuai konteks penggunaan |
1. Pengetahuan: Tertulis 2.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
3.13
Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait saran dan tawaran, sesuai
dengan konteks penggunaannya. 4.13 Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
3.13.1
Mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan dalam teks mengenai memberi dan meminta informasi terkait saran
dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.13.2
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur bahasa dari berbagai ungkapan mengenai memberi dan meminta informasi tentang saran
dan tawaran sesuai
dengan konteks penggunaannya. 4.13.1
Menyusun teks lisan dan tertulis mengenai saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaannya. 4.32.2 Mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis memberi dan meminta informasi tentang saran
dan tawaran dengan menggunakan struktur teks dan unsur
bahasa yang tepat sesuai dengan konteks penggunaan |
Teks tulis dan
lisan tentang memberi dan meminta saran dan tawaran a. Fungsi Sosial Untuk memberi dan meinta saran dan tawaran untuk menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain b. Struktur teks -Ungkapan Pembuka -Pertukaran informasi : ü Why don’t you… ü What about …? ü You should … ü You can …. ü Do you need ….? -Ungkapan
Penutup c.
Unsur kebahasaan -
Kosakata yang terkait dengan
topik -
Grammar ü Modal ü Simple Present Tense -
Ejaan dan tanda baca yang jelas,
rapi dan tepat -
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ketika mempresentasikan secara lisan |
6 |
1. Mengamati teks lisan dan tulis
tentang meminta dan memberi saran dan tawaran; 2. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur bahasa
tentang meminta
dan memberi saran dan tawaran yang terdapat dalam teks; 3. Mengumpulkan data mengenai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan dari berbagai contoh teks meminta dan memberi
saran dan tawaran; 4. Mendiskusikan dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari berbagai teks meminta dan memberi saran dan tawaran; 5. Menerapkan struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks meminta dan memberi saran
dan tawaran ke dalam latihan lisan dan tertulis dengan tepat sesuai dengan
konteks penggunaan; 6. Menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan mengenai teks meminta dan memberi
saran dan tawaran dengan menggunakan struktur teks dan unsur bahasa yang
tepat sesuai konteks penggunaan; 7.
Mengkomunikasikan teks meminta
dan memberi saran dan tawaran secara lisan dan tulis dengan menggunakan
struktur teks dan unsur bahasa yang tepat sesuai konteks penggunaan |
1. Pengetahuan: Tertulis 2.
Keterampilan: - Unjuk Kerja - Portofolio |
0 comments:
Post a Comment