SILABUS
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam & Budi Pekerti
Kelas
/Semester : XII/Ganjil
No |
Kompetensi Inti |
KI-1 |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya |
KI-2 |
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan
dan keberadaannya |
KI-3 |
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
KI-4 |
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
Kompetensi Dasar |
Materi
Pembelajaran |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
waktu |
Sumber
Belajar |
1.1 Terbiasa
membaca Al-Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama
mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis 2.1 Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan159, serta hadis terkait 3.1 Menganalisis
dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159,
serta hadis tentang, berpikir kritis dan bersikap demokratis 4.1.1 Membaca
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan lancer 4.1.3
Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang
berakal (ulil albab) sesuai pesan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 |
·
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 |
1.1.1
Peserta didik terbiasa membaca Al-Qur’an sebagai pengamalan dengan
meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya
untuk berpikir kritis
dan
bersikap demokratis
dalam kehidupan sehari-hari 2.1.1 Memiliki
sikap kritis dan
demokratis sesuai
dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait, 2.1.2 Menunjukkan sikap kritis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan 159,
serta Hadis terkait, 3.1.1 Meneliti
secara lebih mendalam pemahaman Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait,dengan
IT . 3.1.2 Menjelaskan makna isi
kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159, serta Hadis terkait,dengan
IT 3.1.3 Memberikan tambahan
bacaan ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis yang mendukung lainnya tentang berpikir
kritis. 3.1.4 Mendeskrifsikan
perintah berpikir kritis 3.1.5 Menjelaskan hakekat
berpikir kritis 3.1.6 Menjelaskan manfaat
berpikir kritis 4.1.1.1
Membaca
dengan tartil Q.S. Ali Imran/3: 190- 191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159,; sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf 4.1.2.1
Menghapalkan
Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, dengan lancer 4.1.3.1
Memaparkan
keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 |
·
Menyimak bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191,
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S.
Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Mencermati makna dan asbabunnuzul yang
terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait. ·
Mencermati hikmah dan manfaat yang terkandung
pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis
terkait. ·
Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait., ·
Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid,
asbabun nuzul, Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 . ·
Menanyakan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat
dalam Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Menanyakan hikmah dan manfaat yang
terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta
hadis terkait. ·
Mendiskusikan cara membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid; ·
Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159. ·
Menterjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159. ·
Mengidentifikasi makna Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait
·
Mendiskusikan manfat berpikir kritis dan
bersikap demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan
Q.S. Ali Imran/3: 159. ·
Menganalisis hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 ·
Mengaitkan sikap kritis dan demokratis
dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali
Imran/3: 159 ·
Menyimpulkan hukum bacaan, makna,
pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 ·
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf. ·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3:
190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan lancar. ·
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada
Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159. ·
Menyajikan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191
dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. ·
Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat
yang terkandung dalam Q.S. Ali
Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait ·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan Q.S.
Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait. ·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
demokratis dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait. |
Sikap · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: · Isi diskusi
(Q.S.
Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159.) Pengetahuan ·
Tes pilihan ganda dan uraian tentang Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159. Keterampilan · Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 ·
Membuat laporan tentang Q.S. Ali Imran/3:
190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 |
12 JP |
·
Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas XII Jakarta ·
Artikel koran/majalah, dan
buku-buku lainnya ·
Sumber Internet |
1.2 Meyakini bahwa
agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusia 2.2
Berbuat baik kepada
sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83, serta hadis terkait 3.2 Menganalisis dan
mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83,
serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama
manusia 4.2.1 Membaca
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83 dengan lancar 4.2.3
Menyajikan keterkaitan antara kewajiban
beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama
manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 |
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. |
1.2.1 Menyadari bahwa agama mewajibkan
umatnya untuk
beribadah
dan bersyukur kepada Allah serta
berbuat baik kepada sesama manusia 2.2.1 Bersikap baik
kepada sesama manusia sesuai
dengan perintah
Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al- Baqarah/2:
83, serta Hadis
terkait 3.2.1 Mendeskrifsikan
Perintah Saling Menasihati 3.2.2 Menganalisis Adab dan
Metode Menyampaikan Nasihat (Dakwah) 3.2.3 Menjelaskan Hikmah dan
Manfaat Nasihat 3.2.4 Mendeskrifsikan
Perintah Berlaku Ihsan 3.2.5 Menjelaskan Hikmah dan
Manfaat Ihsan 3.2.6 Menganalisis Ruang
Lingkup Ihsan 3.2.7 Menjelaskan makna isi
kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 83,dan hadis terkait dengan menggunakan IT 3.2.8 Menjelaskan makna isi
kandungan Q.S. Luqman/31:14 dan hadis terkait dengan menggunakan IT 3.2.9 Menyajikan hukum
bacaan dan model-model membaca indah Q.S. Luqman/31:14. 3.2.10 Menyajikan hukum
bacaan dan model-model membaca indah Q.S. Al-Baqarah/2: 83, 4.2.1.1
Membaca, Menghafal dan
Mengartikan Q.S. Luqman/31:
13-14
dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai
dengan kaidah
tajwid dan
makharijul huruf 4.2.2.1
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf. 4.2.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83dengan fasih dan
lancar. 4.2.1.1
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. 4.2.3.1
Menyajikan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait. 4.2.3.2
Menyajikan pesan-pesan utama dalam Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait 4.2.3.3
Menyajikan paparan kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah sesuai dengan pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 serta hadis terkait. 4.2.3.4
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
berbuat baik terhadap sesama manusia dengan kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait. |
·
Menyimak bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait. ·
Membaca Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait. ·
Mencermati makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait. ·
Mencermati hikmah dan manfaat yang
terkandung pada Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait. ·
Mencermti keterkaitan antara kewajiban
beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama
manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadits terkait. ·
Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:83serta hadis
terkait., ·
Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid,
asbabun nuzul, Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, ·
Menanyakan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait. ·
Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat
dalam Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait. ·
Mendiskusikan cara membaca Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83sesuai dengan kaidah tajwid; ·
Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. ·
Menterjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait. ·
Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. ·
Mengidentifikasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait. ·
Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung
paqda Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis
terkait ·
Mendiskusikan manfat kewajiban beribadah
dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai
pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83seta hadis
terkait. ·
Menganalisis hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83 ·
Menyimpulkan hukum bacaan, makna,
pesan-pesan yang terdapat pada Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait. ·
Mengaitkan terjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait. ·
Menyimpulkan makna, asbabun nuzul, hikmah
dan manfaat yang terdapat pada Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait. ·
Mengaitkan sikap kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 ·
Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, sesuai dengan
kaidah tajwid dan makharijul huruf. ·
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83dengan fasih dan
lancar. ·
Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. ·
Menyajikan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S.
Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait. ·
Menyajikan pesan-pesan utama dalam Q.S.
Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:
83serta hadis terkait ·
Menyajikan paparan kewajiban beribadah dan
bersyukur kepada Allah sesuai dengan pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 serta hadis terkait. ·
Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap
berbuat baik terhadap sesama manusia dengan kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait. |
Sikap · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: · Isi diskusi Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. Pengetahuan ·
Tes pilihan ganda dan uraian tentang Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. Keterampilan · Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. ·
Membuat laporan tentang Q.S. Luqman/31:
13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83. |
12 JP |
·
Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas XII Jakarta ·
Artikel koran/majalah, dan
buku-buku lainnya ·
Sumber Internet |
1.3 Meyakini terjadinya hari akhir 2.3 Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir 3.3 Menganalisis dan
mengevaluasi makna iman kepada hari akhir 4.3 Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari
akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil |
· Beriman kepada hari akhir |
1.3.1 Menyadari terjadinya hari akhir 2.3.1 Memiliki perilaku jujur, bertanggung jawab,
dan adil sesuai dengan keimanan
kepada hari akhir
3.3.1 Meneliti secara lebih
mendalam pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait
tentang “Beriman kepada Hari Akhir", dengan menggunakan IT. 3.3.2 Menjelaskan kandungan
ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait tentang “Beriman kepada Hari
Akhir", dengan menggunakan IT. 3.3.3 Mengidentifikasi
ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait lainnya tentang “Beriman kepada
Hari Akhir". 3.3.4 Menjelaskan makna
beriman kepada hari akhir 3.3.5 Mendeskrifsikan
tentang periode hari akhir 3.3.6 Menjelaskan hakikat
beriman kepada hari akhir 3.3.7 Menjelaskan hikmah
beriman kepada hari akhir 1.1.2
Menampilkan
contoh perilaku berdasarkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadishadis terkait
sebagai dasar dalam menerapkan nilai-nilai “Beriman kepada Hari Akhir",
melalui presentasi, demonstrasi dan simulasi. 1.1.3
Meneliti
secara lebih mendalam isi ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait sebagai
dasar dalam menerapkan nilai-nilai “Beriman kepada Hari Akhir", dengan
menggunakan IT. |
·
Membaca teks bacaan tentang makna iman
kepada hari akhir. ·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam terkait dengan keimanan kepada hari akhir. ·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
hari akhir. ·
Mencermati dalil-dalil tentang hari akhir. ·
Mencermati hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir. ·
Menanyakan makna iman kepada hari akhir. ·
Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman
kepada hari akhir. ·
Menanyakan hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir. ·
Menanyakan keterkaitan beriman kepada hari
akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil. ·
Mendiskusikan makna beriman kepada hari
akhir. ·
Mengidentifikasi tanda-tanda hari akhir. ·
Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan
dengan hari akhir. ·
Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan
dengan hari akhir. ·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir ·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir. ·
Menganalisis makna beriman kepada hari
akhir. ·
Menganalisis tanda-tanda hari akhir. ·
Mengaitkan sikap kaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil. ·
Menganalisis hikmah dan manfaat beriman
kepada hari akhir. ·
Menyimpulkan keterkaitan antara beriman
kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil. ·
Menyajikan paparan tentang makna,
tanda-tanda, hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir, ·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat
adil. |
Sikap · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: · Beriman kepada hari akhir Pengetahuan ·
Tes pilihan ganda dan uraian tentang Beriman kepada hari akhir Keterampilan · Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Beriman kepada hari akhir ·
Membuat laporan tentang Beriman kepada hari akhir |
6 JP |
·
Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas XII Jakarta ·
Artikel koran/majalah, dan
buku-buku lainnya ·
Sumber Internet |
1.4 Meyakini adanya qada dan qadar
Allah Swt. 2.4 Bersikap optimis, berikhtiar,
dan bertawakal sebagai implementasi beriman kepada qada dan qadar
Allah Swt 3.4 Menganalisis
dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar 4.4 Menyajikan
kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis,
berikhtiar, dan bertawakal |
· Iman kepada Qadha dan Qadar |
1.4.1
Menyadari adanya qadha dan qadar Allah Swt. 2.4.1
Menunjukan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal
sebagai
implementasi beriman kepada qadha dan
qadar Allah Swt. 3.4.1
Menjelaskan
Hakikat Qada dan Qadar 3.4.2
Menganalisis
Makna Beriman kepada Qada dan Qadar 3.4.3
Menganalisis
Hikmah Beriman kepada Qada dan Qadar 3.4.4
Meneliti
secara lebih mendalam pemahaman terhadap ayat-ayat alQur’an dan hadis-hadis
terkait tentang “Beriman kepada Qadadan Qadar”, dengan menggunakan IT. 3.4.5
Menjelaskan
kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait tentang “Beriman kepada
Qada dan Qadar”, dengan menggunakan IT. 3.4.6
Mengidentifikasi
ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait lainnya tentang “Beriman kepada
Qada dan Qadar”. 3.4.7
Meneliti
secara lebih mendalam isi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait sebagai
dasar dalam menerapkan nilai-nilai “Beriman kepada Qada dan Qadar”, dengan
menggunakan IT. 4.4.1
Menampilkan
contoh perilaku berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadishadis terkait
sebagai dasar dalam menerapkan nilai-nilai "Beriman kepada Qada dan
Qadar”, melalui presentasi, demonstrasi dan simulasi. 4.4.2 Memaparkan kaitan antara beriman kepada qadha dan qadar Allah Swt.
dengan sikap optimis, berikhtiar,
dan bertawakal |
·
Membaca teks bacaan tentang makna iman
kepada qada dan qadar Allah Swt. ·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam terkait dengan keimanan kepada qada dan qadar Allah Swt. ·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
qada dan qadar Allah Swt. ·
Mencermati dalil-dalil tentang qada dan
qadar Allah Swt. ·
Mencermati hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. ·
Menanyakan makna iman kepada qada dan qadar
Allah Swt. ·
Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. ·
Menanyakan dalil-dalil tentang qada dan
qadar Allah Swt. ·
Menanyakan keterkaitan antara beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan
bertawakal. ·
Mendiskusikan makna beriman kepada qada dan
qadar. ·
Mengidentifikasi tanda-tanda qada dan
qadar. ·
Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan
dengan qada dan qadar. ·
Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan
dengan qada dan qadar. ·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar. ·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar. ·
Menganalisis makna beriman kepada qada dan
qadar. ·
Menganalisis tanda-tanda qada dan qadar. ·
Mengaitkan antara beriman kepada qada dan
qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal. ·
Menganalisis hikmah dan manfaat beriman
kepada qada dan qadar. ·
Menyimpulkan keterkaitan antara beriman
kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan
bertawakal. ·
Menyajikan paparan tentang makna,
tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada qada dan qadar. ·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
beriman kepada qada dan qadar dengan sikap optimis, berikhtiar, dan
bertawakal. |
Sikap · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: · Isi diskusi Iman kepada Qadha dan Qadar Pengetahuan ·
Tes pilihan ganda dan uraian tentang Iman kepada Qadha dan Qadar Keterampilan · Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Iman kepada Qadha dan Qadar ·
Membuat laporan tentang Iman kepada Qadha dan Qadar |
12 JP |
·
Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas XII Jakarta ·
Artikel koran/majalah, dan
buku-buku lainnya ·
Sumber Internet |
1.5 Meyakini bahwa
agama mewajibkan umatnya untuk bekerja kerasdan tanggung jawab dalam
kehidupan sehari-hari 2.5 Berperilaku kerja keras dan
tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari 3.5 Menganalisis dan mengevaluasi perilaku
bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat 4.5 Mengaitkan
perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan
keimanan |
· Bekerja keras dan tanggung jawab |
1.5.1 Menyadari bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja
kerasdan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari 2.5.1
Menunjukan kerja keras
dan bertanggung jawab
dalam kehidupan
sehari-hari. 3.5.1 Mengidentifikasi cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab. 3.5.2 Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan
tanggung jawab. 3.5.3 Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan
tanggung jawab. 3.5.4 Mengidentifikasi hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab. 3.5.5 Mendiskusikan hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab. 3.5.6 Menganalisis makna bekerja keras dan tanggung jawab. 3.5.7 Menganalisis cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab. 3.5.8 Mengaitkan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan
sehari-hari yang berkembang di masyarakat. 3.5.9 Menganalisis hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab. 4.5.1 Menyimpulkan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab
dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat. 4.5.2 Menyajikan paparan tentang makna, cara-cara, hikmah, dan manfaat
bekerja keras dan tanggung jawab. 4.5.3 Menyajikan paparan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab
dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat |
·
Membaca teks bacaan tentang bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam terkait dengan bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
bekerja kerasdan tanggung jawab. ·
Mencermati dalil-dalil tentang pentingnya
bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mencermati manfaat dan hikmah bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari. ·
Menanyakan makna bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Menanyakan cara bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Menanyakan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan
sehari-hari yang berkembang di masyarakat. ·
Mendiskusikan makna bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mengidentifikasi cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan
dengan bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan
dengan bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat bekerja
keras dan tanggung jawab. ·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat bekerja
keras dan tanggung jawab. ·
Menganalisis makna bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Menganalisis cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Mengaitkan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan
sehari-hari yang berkembang di masyarakat. ·
Menganalisis hikmah dan manfaat bekerja
keras dan tanggung jawab. ·
Menyimpulkan keterkaitan antara bekerja
keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat. ·
Menyajikan paparan tentang makna,
cara-cara, hikmah, dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab. ·
Menyajikan paparan keterkaitan antara
bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di
masyarakat |
Sikap · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: · Isi diskusi Bekerja keras dan tanggung jawab. Pengetahuan ·
Tes pilihan ganda dan uraian tentang Bekerja keras dan tanggung jawab Keterampilan · Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Bekerja keras dan tanggung jawab ·
Membuat laporan tentang Bekerja keras dan tanggung jawab |
6 JP |
·
Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas XII Jakarta ·
Artikel koran/majalah, dan
buku-buku lainnya ·
Sumber Internet |
1.6 Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan
syariat Islam 2.6
Menunjukkan sikap bersatu dan
kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan
pernikahan dalam Islam 3.6 Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam 4.6 Menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam
Islam |
· Pernikahan dalam Islam |
1.6.1 Menyadari
kebenaran
ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan
syariat
Islam 2.6.1 Mengamalkan sikap
bersatu
dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai
implementasi
ketentuan
pernikahan dalam Islam 3.6.1
Menjelaskan
tentang Ketentuan Pernikahan dalam Islam 3.6.2
Menjelaskan
Pengertian Pernikahan 3.6.3
Menganalisis
Tujuan Pernikahan 3.6.4
Menjelaskan
Hukum Pernikahan 3.6.5
Menyebutkan
Orang-orang yang Tidak Boleh Dinikahi 3.6.6
Menjelaskan
Rukun dan Syarat Pernikahan 3.6.7
Menjelaskan
Pernikahan yang Tidak Sah 3.6.8
Pernikahan
Menurut UU Perkawinan Indonesia (UU No.1 Tahun 1974) 3.6.9
Menjelaskan
Hak dan Kewajiban Suami-Istri 3.6.10
Menjelaskan
Hikmah Pernikahan 3.6.11
Meneliti
secara lebih mendalam pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis terkait tentang
pernikahan dengan menggunakan IT. 3.6.12
Menjelaskan
makna isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’andan hadis terkait pernikahan dengan
menggunakan IT. 3.6.13
Menerapkan
ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan. 3.6.14
Memahami
ketentuan pernikahan dalam Islam. 3.6.15
Memahami
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam. 4.6.1
Memberikan
tambahan bacaan ayat-ayat Al-Qur’andan hadis-hadis yang mendukung lainnya
tentang pernikahan. 4.6.2
Menyajikan
hukum bacaan dan model-model membaca indah ayat-ayat Al-Qur’antentang
pernikahan. 4.6.3
Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam. 4.6.4
Menyajikan
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam. |
·
Membaca teks bacaan tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
terkait ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mencermati manfaat dan hikmah ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menanyakan ketentuan pelaksanaan pernikahan
berdasarkan syariat Islam. ·
Menanyakan dalil-dalil tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menanyakan manfaat dan hikmah ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mendiskusikan ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mendiskusikan dalil-dalil tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam ·
Mengidentifikasi ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mengidentifikasi hikmah dan manfaat
ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menganalisis ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Mengevaluasi ketentuan pelaksanaan
pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menyajikan paparan tentang ketentuan
pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. ·
Menyajikan paparan hikmah dan manfaat
ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam. |
Sikap · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: · Isi diskusi Pernikahan dalam Islam Pengetahuan · Tes pilihan
ganda dan uraian tentang Pernikahan
dalam Islam Keterampilan · Mengumpulkan
bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Pernikahan dalam Islam · Membuat
laporan tentang Pernikahan
dalam Islam |
12 JP |
·
Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi
Pekerti Kelas XII Jakarta ·
Artikel koran/majalah, dan
buku-buku lainnya ·
Sumber Internet |
0 comments:
Post a Comment