Just another free Blogger theme

Put your ad code here

Responsive Ad

kumpulan artikel tentang pembelajaran, teknologi, olah raga, seni, dan lain lain

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

CATEGORIES

SOAL BAHASA INGGRIS X UAS GENAP 2022

ANNOUNCEMENT To      : Grade X students of SMK NEPAL From : Mrs. ERMA UJIYANTI Dear students, There will be an English  Class  started fro...

Friday, August 06, 2021

 



SILABUS

 

Satuan Pendidikan      : SMK 

Mata Pelajaran           : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas /Semester          : XII/Ganjil

 

No

Kompetensi Inti

KI-1

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI-2

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI-3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI-4

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber Belajar

1.1  Terbiasa membaca Al-Qur’an sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis

2.1  Bersikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta hadis terkait

3.1  Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159, serta hadis tentang, berpikir kritis dan bersikap demokratis

4.1.1  Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.2  Mendemons­trasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan lancer

 

4.1.3  Menyajikan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191

·      Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

1.1.1  Peserta didik terbiasa membaca Al-Quran sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berpikir kritis dan bersikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari

 

2.1.1  Memiliki sikap kritis dan demokratis sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait,

2.1.2  Menunjukkan sikap kritis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159, serta Hadis terkait,

3.1.1  Meneliti secara lebih mendalam pemahaman Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan159, serta Hadis terkait,dengan IT .

3.1.2  Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan 159, serta Hadis terkait,dengan IT

3.1.3  Memberikan tambahan bacaan ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis yang mendukung lainnya tentang berpikir kritis.

3.1.4  Mendeskrifsikan perintah berpikir kritis

3.1.5  Menjelaskan hakekat berpikir kritis

3.1.6 Menjelaskan manfaat berpikir kritis

4.1.1.1    Membaca dengan tartil Q.S. Ali Imran/3: 190- 191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159,; sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul-huruf

4.1.2.1    Menghapalkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159,  dengan lancer

4.1.3.1    Memaparkan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191

·       Menyimak bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Mencermati makna dan asbabunnuzul yang terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Mencermati hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.,

·       Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 .

·       Menanyakan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Menanyakan hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 sesuai dengan kaidah tajwid;

·       Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.

·       Menterjemahkan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.

·       Mengidentifikasi makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait

·       Mendiskusikan manfat berpikir kritis dan bersikap demokratis sesuai dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.

·       Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159

·       Mengaitkan sikap kritis dan demokratis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai pesan  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159

·       Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159

·       Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

·       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 dengan fasih dan lancar.

·       Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159.

·       Menyajikan makna Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

·       Menyajikan pesan-pesan, hikmah dan manfaat yang terkandung dalam  Q.S. Ali Imran/3: 190-191 dan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait

·       Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap kritis dengan ciri orang-orang berakal (ulil albab) sesuai dengan pesan Q.S. Ali Imran/3: 190-191 serta hadits terkait.

·       Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap demokratis dengan kandungan Q.S. Ali Imran/3: 159 serta hadis terkait.

Sikap

·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:

·      Isi diskusi (Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159.)

 

Pengetahuan

·      Tes pilihan ganda dan uraian tentang Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159.

 

Keterampilan

·      Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

·      Membuat laporan tentang Q.S. Ali Imran/3: 190-191, dan Q.S. Ali Imran/3: 159

12 JP

·         Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XII Jakarta

·         Artikel koran/majalah, dan  buku-buku lainnya

·         Sumber Internet

1.2  Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia

2.2    Berbuat baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, serta hadis terkait

3.2  Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia

4.2.1  Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2  Mendemons­trasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 dengan lancar

4.2.3 Menyajikan keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83

Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

1.2.1  Menyadari bahwa agama mewajibkan umatnya untuk beribadah dan bersyukur kepada Allah serta berbuat baik kepada sesama manusia

2.2.1  Bersikap baik kepada sesama manusia sesuai dengan perintah Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al- Baqarah/2: 83, serta Hadis terkait

3.2.1  Mendeskrifsikan Perintah Saling Menasihati

3.2.2  Menganalisis Adab dan Metode Menyampaikan Nasihat (Dakwah)

3.2.3  Menjelaskan Hikmah dan Manfaat Nasihat

3.2.4  Mendeskrifsikan Perintah Berlaku Ihsan

3.2.5       Menjelaskan Hikmah dan Manfaat Ihsan

3.2.6       Menganalisis Ruang Lingkup Ihsan

3.2.7       Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 83,dan hadis terkait dengan menggunakan IT

3.2.8       Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Luqman/31:14 dan hadis terkait dengan menggunakan IT

3.2.9       Menyajikan hukum bacaan dan model-model membaca indah Q.S. Luqman/31:14.

3.2.10   Menyajikan hukum bacaan dan model-model membaca indah Q.S. Al-Baqarah/2: 83,

4.2.1.1    Membaca, Menghafal dan Mengartikan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2.1    Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

4.2.2.2    Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83dengan fasih dan lancar.

4.2.1.1    Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

4.2.3.1    Menyajikan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.

4.2.3.2    Menyajikan pesan-pesan utama dalam  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait

4.2.3.3    Menyajikan paparan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah sesuai dengan pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 serta hadis terkait.

4.2.3.4    Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap berbuat baik terhadap sesama manusia dengan kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.

·       Menyimak bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Mencermati makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Mencermati hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Mencermti keterkaitan antara kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadits terkait.

·       Menanyakan cara membaca Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2:83serta hadis terkait.,

·       Mengajukan pertanyaan tentang hukum tajwid, asbabun nuzul, Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83,

·       Menanyakan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Menanyakan pesan-pesan utama yang terdapat dalam  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83sesuai dengan kaidah tajwid;

·       Mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

·       Menterjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.

·       Mendiskusikan asbabun nuzul Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

·       Mengidentifikasi makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung paqda Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait

·       Mendiskusikan manfat kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia sesuai pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83seta hadis terkait.

·       Menganalisis hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83

·       Menyimpulkan hukum bacaan, makna, pesan-pesan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Mengaitkan terjemahkan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

·       Menyimpulkan makna, asbabun nuzul, hikmah dan manfaat yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait.

 

·       Mengaitkan sikap kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah dengan berbuat baik terhadap sesama manusia Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83

·       Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

·       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83dengan fasih dan lancar.

·       Menyajikan hukum bacaan yang terdapat pada Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

·       Menyajikan makna Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.

 

·       Menyajikan pesan-pesan utama dalam  Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83serta hadis terkait

·       Menyajikan paparan kewajiban beribadah dan bersyukur kepada Allah sesuai dengan pesan Q.S. Luqman/31: 13-14 serta hadis terkait.

·       Menyajikan paparan keterkaitan antara sikap berbuat baik terhadap sesama manusia dengan kandungan Q.S. Al-Baqarah/2: 83 serta hadis terkait.

Sikap

·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:

·      Isi diskusi Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

 

Pengetahuan

·      Tes pilihan ganda dan uraian tentang Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

 

Keterampilan

·      Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

·      Membuat laporan tentang Q.S. Luqman/31: 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah/2: 83.

12 JP

·         Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XII Jakarta

·         Artikel koran/majalah, dan  buku-buku lainnya

·         Sumber Internet

1.3  Meyakini terjadinya hari akhir

2.3  Berperilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir

3.3  Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada hari akhir

4.3  Menyajikan kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil

·       Beriman kepada hari akhir

1.3.1       Menyadari terjadinya hari akhir

2.3.1  Memiliki perilaku jujur, bertanggung jawab, dan adil sesuai dengan keimanan kepada hari akhir

3.3.1       Meneliti secara lebih mendalam pemahaman terhadap ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait tentang “Beriman kepada Hari Akhir", dengan menggunakan IT.

3.3.2       Menjelaskan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait tentang “Beriman kepada Hari Akhir", dengan menggunakan IT.

3.3.3       Mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait lainnya tentang “Beriman kepada Hari Akhir".

3.3.4       Menjelaskan makna beriman kepada hari akhir

3.3.5       Mendeskrifsikan tentang periode hari akhir

3.3.6       Menjelaskan hakikat beriman kepada hari akhir

3.3.7       Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir

1.1.2  Menampilkan contoh perilaku berdasarkan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadishadis terkait sebagai dasar dalam menerapkan nilai-nilai “Beriman kepada Hari Akhir", melalui presentasi, demonstrasi dan simulasi.

1.1.3      Meneliti secara lebih mendalam isi ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis terkait sebagai dasar dalam menerapkan nilai-nilai “Beriman kepada Hari Akhir", dengan menggunakan IT.

·       Membaca teks bacaan tentang makna iman kepada hari akhir.

·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada hari akhir.

·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang hari akhir.

·       Mencermati dalil-dalil tentang hari akhir.

·       Mencermati hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.

·       Menanyakan makna iman kepada hari akhir.

·       Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman kepada hari akhir.

·       Menanyakan hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.

·       Menanyakan keterkaitan beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.

·       Mendiskusikan makna beriman kepada hari akhir.

·       Mengidentifikasi tanda-tanda hari akhir.

·       Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan hari akhir.

·       Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan hari akhir.

·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir

·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.

·       Menganalisis makna beriman kepada hari akhir.

·       Menganalisis tanda-tanda hari akhir.

·       Mengaitkan sikap kaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.

·       Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir.

·       Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.

·       Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah dan manfaat beriman kepada hari akhir,

·       Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada hari akhir dengan perilaku jujur, tanggung jawab, dan berbuat adil.

Sikap

·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:

·      Beriman kepada hari akhir

 

Pengetahuan

·      Tes pilihan ganda dan uraian tentang Beriman kepada hari akhir

 

 

Keterampilan

·      Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Beriman kepada hari akhir

 

·      Membuat laporan tentang Beriman kepada hari akhir

6 JP

·         Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XII Jakarta

·         Artikel koran/majalah, dan  buku-buku lainnya

·         Sumber Internet

1.4  Meyakini adanya qada dan qadar Allah Swt.

2.4  Bersikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi beriman kepada qada dan qadar Allah Swt

3.4   Menganalisis dan mengevaluasi makna iman kepada qada dan qadar

4.4   Menyajikan kaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal

·       Iman kepada Qadha dan Qadar

1.4.1       Menyadari adanya qadha dan qadar Allah Swt.

2.4.1       Menunjukan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal sebagai implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah Swt.

3.4.1       Menjelaskan Hakikat Qada dan Qadar

3.4.2       Menganalisis Makna Beriman kepada Qada dan Qadar

3.4.3       Menganalisis Hikmah Beriman kepada Qada dan Qadar

3.4.4       Meneliti secara lebih mendalam pemahaman terhadap ayat-ayat alQur’an dan hadis-hadis terkait tentang “Beriman kepada Qadadan Qadar”, dengan menggunakan IT.

3.4.5       Menjelaskan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait tentang “Beriman kepada Qada dan Qadar”, dengan menggunakan IT.

3.4.6       Mengidentifikasi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait lainnya tentang “Beriman kepada Qada dan Qadar”.

3.4.7       Meneliti secara lebih mendalam isi ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis terkait sebagai dasar dalam menerapkan nilai-nilai “Beriman kepada Qada dan Qadar”, dengan menggunakan IT.

4.4.1      Menampilkan contoh perilaku berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadishadis terkait sebagai dasar dalam menerapkan nilai-nilai "Beriman kepada Qada dan Qadar”, melalui presentasi, demonstrasi dan simulasi.

4.4.2      Memaparkan kaitan antara beriman kepada qadha dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal

·       Membaca teks bacaan tentang makna iman kepada qada dan qadar Allah Swt.

·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan keimanan kepada qada dan qadar Allah Swt.

·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang qada dan qadar Allah Swt.

·       Mencermati dalil-dalil tentang qada dan qadar Allah Swt.

·       Mencermati hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.

·       Menanyakan makna iman kepada qada dan qadar Allah Swt.

·       Menanyakan tanda-tanda dan hikmah beriman kepada qada dan qadar Allah Swt.

·       Menanyakan dalil-dalil tentang qada dan qadar Allah Swt.

·       Menanyakan keterkaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.

·       Mendiskusikan makna beriman kepada qada dan qadar.

·       Mengidentifikasi tanda-tanda qada dan qadar.

·       Mengidentifikasi dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar.

·       Mendiskusikan dalil-dalil yang berkaitan dengan qada dan qadar.

·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.

·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.

·       Menganalisis makna beriman kepada qada dan qadar.

·       Menganalisis tanda-tanda qada dan qadar.

·       Mengaitkan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.

·       Menganalisis hikmah dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.

·       Menyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada qada dan qadar Allah Swt. dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.

·       Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada qada dan qadar.

 

·       Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada qada dan qadar dengan sikap optimis, berikhtiar, dan bertawakal.

Sikap

·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:

·      Isi diskusi Iman kepada Qadha dan Qadar

 

Pengetahuan

·      Tes pilihan ganda dan uraian tentang Iman kepada Qadha dan Qadar

 

 

 

Keterampilan

·      Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Iman kepada Qadha dan Qadar

 

·      Membuat laporan tentang Iman kepada Qadha dan Qadar

 

12 JP

·         Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XII Jakarta

·         Artikel koran/majalah, dan  buku-buku lainnya

·         Sumber Internet

1.5  Meyakini bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja kerasdan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

2.5 Berperilaku kerja keras  dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

3.5  Menganalisis dan mengevaluasi perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

4.5  Mengaitkan perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat dengan keimanan

·     Bekerja keras dan tanggung jawab

1.5.1    Menyadari bahwa agama mewajibkan umatnya untuk bekerja kerasdan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari

2.5.1    Menunjukan kerja keras dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.1    Mengidentifikasi cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.2    Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.3    Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.4     Mengidentifikasi hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.5     Mendiskusikan hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.6     Menganalisis makna bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.7     Menganalisis cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.

3.5.8     Mengaitkan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.

3.5.9     Menganalisis hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

4.5.1     Menyimpulkan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.

4.5.2    Menyajikan paparan tentang makna, cara-cara, hikmah, dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

4.5.3    Menyajikan paparan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

·       Membaca teks bacaan tentang bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam terkait dengan bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang bekerja kerasdan tanggung jawab.

·       Mencermati dalil-dalil tentang pentingnya bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mencermati manfaat dan hikmah bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

·       Menanyakan makna bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Menanyakan cara bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Menanyakan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.

·       Mendiskusikan makna bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mengidentifikasi cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mengidentifikasi dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mendiskusikan dalil-dali yang berkaitan dengan bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Menganalisis makna bekerja keras dan tanggung jawab.

 

·       Menganalisis cara-cara bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Mengaitkan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.

·       Menganalisis hikmah dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Menyimpulkan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat.

·       Menyajikan paparan tentang makna, cara-cara, hikmah, dan manfaat bekerja keras dan tanggung jawab.

·       Menyajikan paparan keterkaitan antara bekerja keras dan tanggung jawab dengan kehidupan sehari-hari yang berkembang di masyarakat

Sikap

·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:

·      Isi diskusi Bekerja keras dan tanggung jawab.

 

Pengetahuan

·      Tes pilihan ganda dan uraian tentang Bekerja keras dan tanggung jawab

 

Keterampilan

·      Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Bekerja keras dan tanggung jawab

·      Membuat laporan tentang Bekerja keras dan tanggung jawab

6 JP

·         Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XII Jakarta

·         Artikel koran/majalah, dan  buku-buku lainnya

·         Sumber Internet

1.6  Meyakini kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam

2.6   Menunjukkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam

3.6  Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam

4.6  Menyajikan prinsip-prinsip pernikahan dalam Islam

·     Pernikahan dalam Islam

 

1.6.1     Menyadari kebenaran ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam

2.6.1     Mengamalkan sikap bersatu dan kebersamaan dalam lingkungan masyarakat sebagai implementasi ketentuan pernikahan dalam Islam

3.6.1     Menjelaskan tentang Ketentuan Pernikahan dalam Islam

3.6.2     Menjelaskan Pengertian Pernikahan

3.6.3     Menganalisis Tujuan Pernikahan

3.6.4     Menjelaskan Hukum Pernikahan

3.6.5     Menyebutkan Orang-orang yang Tidak Boleh Dinikahi

3.6.6     Menjelaskan Rukun dan Syarat Pernikahan

3.6.7     Menjelaskan Pernikahan yang Tidak Sah

3.6.8     Pernikahan Menurut UU Perkawinan Indonesia (UU No.1 Tahun 1974)

3.6.9          Menjelaskan Hak dan Kewajiban Suami-Istri

3.6.10      Menjelaskan Hikmah Pernikahan

3.6.11      Meneliti secara lebih mendalam pemahaman ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis terkait tentang pernikahan dengan menggunakan IT.

3.6.12      Menjelaskan makna isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’andan hadis terkait pernikahan dengan menggunakan IT.

3.6.13      Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan.

3.6.14      Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam.

3.6.15      Memahami hak  dan kedudukan         wanita   dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.

4.6.1   Memberikan tambahan bacaan ayat-ayat Al-Qur’andan hadis-hadis yang mendukung lainnya tentang pernikahan.

4.6.2   Menyajikan hukum bacaan dan model-model membaca indah ayat-ayat Al-Qur’antentang pernikahan.

4.6.3   Memperagakan     tata cara pernikahan dalam Islam.

4.6.4   Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.

·       Membaca teks bacaan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena terkait ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menyimak tayangan atau penjelasan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mencermati dalil-dalil tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mencermati manfaat dan hikmah ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menanyakan ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menanyakan dalil-dalil tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menanyakan manfaat dan hikmah ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mendiskusikan ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mendiskusikan dalil-dalil tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam

·       Mengidentifikasi ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mengidentifikasi hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mendiskusikan hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menganalisis ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Mengevaluasi ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menyajikan paparan tentang ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

·       Menyajikan paparan hikmah dan manfaat ketentuan pelaksanaan pernikahan berdasarkan syariat Islam.

Sikap

·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:

·     Isi diskusi Pernikahan dalam Islam

 

 

Pengetahuan

·     Tes pilihan ganda dan uraian tentang Pernikahan dalam Islam

 

 

Keterampilan

·     Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan tentang Pernikahan dalam Islam

 

·     Membuat laporan tentang Pernikahan dalam Islam

 

12 JP

·         Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti Kelas XII Jakarta

·         Artikel koran/majalah, dan  buku-buku lainnya

·         Sumber Internet

 

Categories:


Silahkan copy dan share apabila bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment