Just another free Blogger theme

Put your ad code here

Responsive Ad

kumpulan artikel tentang pembelajaran, teknologi, olah raga, seni, dan lain lain

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

CATEGORIES

SOAL BAHASA INGGRIS X UAS GENAP 2022

ANNOUNCEMENT To      : Grade X students of SMK NEPAL From : Mrs. ERMA UJIYANTI Dear students, There will be an English  Class  started fro...

Friday, August 06, 2021

 



SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI



Nama Sekolah               : SMK 

Bidang Keahlian           : Semua Bidang Keahlian

Program Keahlian        : Semua Programg Keahlian

Kompetensi Keahlian  : Semua Kompetensi Keahlian                                     

Mata Pelajaran              : PAI dan Budi Pekerti                                                   

Durasi (Waktu)             : 3 Jam Pelajaran x 45 Menit

KI-3 (Pengetahuan)     :  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

 

KI-4 (Keterampilan)     : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standard kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.1     Menganalisis Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1.1   Membaca Q.S. al-Anfal/8:72, Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

 

4.1.2 Mendemonstrasi kan hafalan Q.S. al-Anfal/8:72, Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar

 

4.1.3 Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Anfal/8:72, Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait

 

 

3.1.1 Membaca Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

 

3.1.2Memahami Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

 

3.1.3Mengaplikasikan Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

 

 

4.1.1.1  Mengidentifikasikan bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

 

4.1.1.2  Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

 

4.1.1.3  Mengimplementasikan pesan-pesan utama dalam  Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.

 

 

Q.S. al-Anfal (8):72, Q.S. al-Hujurat (49): 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

9 x 45 Menit

a.     Mengamati

1.       Guru Membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits

2.       Peserta Didik menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.

3.       Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) 

4.       Peserta Didik mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.

 

b.     Menanya

1.     Guru menanyakan cara membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,

2.     Peserta Didik membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,

3.     Siswa mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadits terkait.

4.     Guru mengajukan pertanyaan kembali  terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadits terkait.

 

c.      Pengumpulan Data

1.     Guru mengintrupsikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan cara membaca  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;

2.     Peserta Didik mendiskusikan cara membaca  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;

3.     Guru menyuruh Peserta Didik untuk menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;

4.      Peserta Didik menterjemahkan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;

5.     Guru menyuruh Peserta Didik untuk menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.

6.     Peserta Didik menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.

 

d.     Menalar

1.     Guru menyuruh Peserta Didik untuk membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.

2.     Peserta Didik membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait.

 

e.      Mengomunikasikan

1.     Peserta Didik mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompo

2.     Guru merefleksi hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait

 

a.    Tes Uraian

      1.     Mengamati (hukum bacaan, kandungan ayat)

      2.     Mengamati manfaat perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

      3.     Mengamati hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)

      4.     Menjelaskan sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).

 

 

 

 

 

 

b.   Hapalan

1.       membaca dan menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10  serta hadits terkait

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.2   Menganalisis Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.2.1   Membaca Q.S. al-Isra’ : 32, dan Q.S. an-Nur : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

 

4.2.2   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Isra’: 32, dan Q.S. an-Nur : 2 dengan fasih dan lancar

 

4.2.3   Menyajikan larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan Q.S. al-Isra’ : 32, dan Q.S. an-Nur : 2

3.2.1   Mengidentifikasi  hukum tajwid  Q.S. al-Isra’ : 32, dan Q.S. an-Nur : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina

3.2.2   Menjelaskan asbabun nuzul  Q.S. al-Isra’ : 32, dan Q.S. an-Nur : 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina

3.2.3   Menyimpulkan  kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina

 

4.2.1.1      Mengidentifikasikan bacaan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.1.2      Mendemonstrasikan bacaan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.1.3      Mengimplementasikan pesan-pesan utama dalam Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 serta hadits terkait.

4.2.2.1      Mendemosntrasikan hafalan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 dengan fasih dan lancar

 

4.2.3.1      Menampilkan Contoh Perilaku larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina dengan berbagai kekejian (fahisyah) yang ditimbulkannya sesuai pesan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2

 

 

 

 

Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta Hadis tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina

 

9 x 45 Menit

a.     Mengamati

5.       Guru Membaca Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 serta hadits

6.       Peserta Didik menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  serta hadits terkait.

7.       Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) 

8.       Peserta Didik mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.

 

b.     Menanya

5.     Guru menanyakan cara membaca Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2

6.     Peserta Didik membaca Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  

7.     Siswa mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta hadits terkait.

8.     Guru mengajukan pertanyaan kembali  terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2, serta hadits terkait.

 

c.      Pengumpulan Data

7.     Guru mengintrupsikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan cara membaca  Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;

8.     Peserta Didik mendiskusikan cara membaca  Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;

9.     Guru menyuruh Peserta Didik untuk menterjemahkan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  serta hadits terkait;

10.   Peserta Didik menterjemahkan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  serta hadits terkait;

11.  Guru menyuruh Peserta Didik untuk menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan  Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  serta hadits terkait.

12.  Peserta Didik menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 serta hadits terkait.

 

d.     Menalar

3.     Guru menyuruh Peserta Didik untuk membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2   serta hadits terkait.

4.     Peserta Didik membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2   serta hadits terkait.

 

e.      Mengomunikasikan

3.     Peserta Didik mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok

4.     Guru merefleksi hasil diskusi tentang  Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2  serta hadits terkait

 

A.    Tes Uraian

1.       Sebutkan hukum bacaan dan kandungan Q.S. al-Isra’ (17): 32

2.       Jelaskan pengertian pergaulan bebas dan perbuatan zina ?

3.       Jelaskan  Dampak Negatif dari pergaulan bebas dan perbuatan zina?

4.       Sebutkan hukuman orang yang melakukan pergaulan bebas dan perbuatan zina?

 

 

 

 

 

 

B.     Hapalan

1.      Hafalkan Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24): 2

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.3      Menganalisis makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

 

4.3  Menyajikan hubungan makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3.1     Mengidentifikasi  makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

3.3.2     Menjelaskan  makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

3.3.3     Menyimpulkan  makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

 

4.3.1      Menunjukkan  Contoh perilaku  keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

4.3.2      Menunjukkan sikap yang mencerminkan keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

4.3.3      Menceritakan kisah teladan yang mencerminkan keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil

 

makna al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir

9 x 45 Menit

f.        Mengamati

·         Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna (al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir)

·         Menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.

 

g.      Menanya

·         Memberi stimulus agar peserta didik bertanya.

·         Mengapa Allah memiliki Nama yang begitu banyak

·         Apa yang harus dilakukan oleh umat islam terkait nama-nama Allah yang indah itu?

h.      Pengumpulan Data

·         Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal  dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemaham makna asmaul Husna (al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir)

·         Guru mengamati perilku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.

·         Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.

·         Masing-masing peserta didik mempresentasikan tokoh dari Indonesia yang sudah megamalkan sebagaian dari Asmaul Husna sesuai dengan yang ditugaskan.

·         Guru mengamati perilaku keluhuran bodi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.

·         Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendiriian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.

 

i.        Menalar

·         Membuat kesimpulan tentang iman kepada Allah melalui Asmaul Husna.

 

j.        Mengomunikasikan

·         Mempresentasikan/ menyampaikan hasil diskusi tentang iman kepada Allah melalui  Asmaul Husna.

C.    Tes Uraian

1         Jelaskan makna dari al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir  ?

 

 

D.    Presentasi/ Diskusi

Mempresentasikan tentang (mengimani allah SWT dengan  al-Asma’u al-Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhir  dengan perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil)

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.4  Menganalisis makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt

 

 

 

 

 

 

 

4.4         Mempresentasikan hubungan makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4.1        Mengidentifikasi  makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

3.4.2        Menjelaskan hikmah beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

 

 

 

4.4.1        Menyajikan hubungan makna beriman kepada malikat-malaikat Allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

4.4.2          Menjelaskan  hubungan makna beriman kepada malikat-malaikat Allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

 

 

 

 

Beriman kepada malaikat-malaikat Allah swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

 

9 x 45 Menit

a.      Mengamati

       1.            Siswa Mencermati bacaan teks tentang makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

       2.            Siswa mencermati bacaan teks tentang makna dan hikmah beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

       3.            Siswa mencermati bacaan teks tentang contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

       4.            Menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangn video atau media lainnya.

b.      Menanya

      1.            Siswa berdiskusi tentang nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada, dan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.

      2.            Siswa berdiskusi tentang apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat-malaikat  Allah Swt dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.

      3.            Siswa berdiskusi tentang mengapa kita harus beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. Dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.

      4.            Siswa berdiskusi tentang makna dan hikmah beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt dengan saling menghargai teman dan bahasa yang santun.

  1. Siswa berdiskusi tentang vontoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt, dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.

 

c.       Pengumpulan Data

      1.            Siswa mendiskusikan nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

      2.            Siswa menyimpulkan makna dan hikmah kepada malaikat-malaikat Allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

      3.            Siswa menyimpulkan contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

 

d.      Menalar

        1.            Siswa secara individual memahami nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada Malaikat-malaikat Allah dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

        2.            Siswa secara individu memahami makna dan hikmah beriman kepada allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

       3.            Siswa secara individu memahami contoh-contoh perilaku beriman kepada malaikat-malaikat allah SWT dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

e.      Mengomunikasikan

       1.            Siswa menampilkan hasil identifikasi nilai-nilai dan tanda-tanda beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt dengan dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

        2.            Siswa menampilkan hasil identifikasi makna dan hikmah beriman kepada malaikat-malaikat allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada.

 

A.   Tes Uraian

1.       Jelaskan  pengertian  atau makna dari beriman kepada Malaikat-malaikat Allah Swt!

 

2.       Sebutkan Nama dan Tugas Malaikat-Malaikat Allah Swt !

3.       Jelaskan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah Swt.!

4.       Sebutkan  contoh perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt.! 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    Diskusi

Mempresentasikan tentang makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah Swt dengan perilaku teliti, disiplin, dan waspada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.5    Menerapkan ketentuan berpakaian sesuai syariat Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5    Mempraktikkan tata cara berpakaian sesuai syariat Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.5.1    Memahami makna berpakaian sesuai syariat islam

3.5.2    Mengaplikasiakan ketentuan berpakaian sesuai syariat islam

3.5.3    Membiasakan  berpakaian sesuai syariat islam

 

 

 

4.5.1        Mendemonstrasikan tata cara berpakaian sesuai syariat islam

4.5.2        Menunjukkan tata cara berpakaian sesuai syariat islam

4.5.3        Mencontohkan perilaku berpakaian sesuai syariat islam.

 

 

Berpakaian sesuai syariat Islam

6 x 45 Menit

a.     Mengamati

1      Guru membagi topik pembahasan diskusi masing-masing kelompok satu topik melalui kertas

2      Siswa Mencermati bacaan teks tentang berpakaian sesuai syariat islam.

3      Siswa mencermati model-model berpakaian secara islami melalui tutorial, tayangan, video atau media lainnya.

4      Siswa mencermati bacaan teks tentang berpakaian secara syariat islam

5      menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya

b.    Menanya

1      (Memberi stimulus agar peserta didik bertanya)

2      Siswa bertanya tentang maksud dari topic yang didapatkan

3      Siswa bertanya tentang aturan main diskusi.

4      Mengemukakan pertanyaan tentang

5      Bagaimana berpakaian secara islami?

6      Mengapa kita harus berpakaian secara islami?

 

c.     Pengumpulan Data

1      setelah mendapatkan topic masing-masing, siswa mendiskusikan topic bersama kelompoknya.

2      Masing-masing siswa mengemukakan pendapatnya dalam kelompoknya sharing pengetahuan.

3      Siswa mencari sumber pengetahuan yang terkait denga topic pembahasan. Baik di al-qur’an, buku, maupun di internet.

4      Peserta didik mengidentifikasi tata cara berpakaian sesuai syariat islam

5      Siswa mengidentifikasi tujuan berpakaian menurut syariat islam

6      Siswa mengidentifikasi manfaat berpakaian menurut syariat islam

7      Siswa Mengidentifikasi landasan hukum berpakaian menurut syariat islam.

 

d.    Menalar

1      Siswa mengolah informasi yang sudah ditemukan

2      Siswa menganalisis data yang sudah didapatkan. Baik dari siswa lain maupun dari internet

3      Siswa menyimpulkan tentang topic yang didapat

4      Siswa menuliskan hasil diskusi masing-masing pada buku catatan.

5      Siswa mengaitkan ketentuan berpakaian menurut syariat dengan hikmah yang diperoleh individu, keluarga dan masyarakat.

e.      Mengomunikasikan

1         Masing-masing kelompok maju ke depan kelas, untuk mempresentasikan/ menyampaikan hasil diskusi.

C.   Tes Uraian

1     Jelaskan syarat yang harus dipenuhi dalam mengenakan pakaian bagi perempuan dan laki-laki?

 

2     Apa yang dimaksud dengan aurat?

 

3     Sebutkan adab memakai pakaian?

 

4     Sebutkan fungsi pakaian ?

 

 

D.   Diskusi

Mengidentifikasi perilaku mulia dalam berpakaian sesuai dengan ketentuan syariat islam dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.6  Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6  Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6.1        Menjelaskan Makna kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

3.6.2        Mengemukakan ayat-ayat Al-Qur’an dan al-Hadis tentang perintah berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.6.3        Menjelaskan manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

4.6.1        Menerapkan  perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.6.2        Mendemonstrasikan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.6.3        Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian.

6 x 45 Menit

a.      Mengamati

1.      Siswa Mencermati bacaan teks tentang makna kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Siswa membaca ayat-ayat al-qur’an dan al-hadis tentang perintah berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Siswa menyimak manfaat kejujuran dalam kehidupan seharihari

4.      Menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangn video atau media lainnya.

b.      Menanya

1.      Apa yang di maksud dengan perilaku jujur?

2.      Apa saja pembagian sifat jujur?

3.      Bagaimana cara menerapkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.      Apa saja manfaat  sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari?

5.      Mengapa kita harus membiasakan  jujur dalam kehidupan sehari-hari?

6.      Menanyakan kandungan Qs. Al-Maidah:8 dan Qs. At-taubah :119 yang berkaitan dengan kejujuran.

 

c.       Pengumpulan Data

1.      Guru mengamati perilaku jujur melalui lembar pengamatan di sekolah

2.      Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku jujur di rumah.

3.      Guru mengamati cara membaca Qs. Al-maidah : 8, at-taubah: 119 dan hadis yang bekaitan dengan kejujuran.

 

d.      Menalar

1.      Membuat kesimpulan dari materi tentang perilaku jujur.

e.      Mengomunikasikan

1.       Mempresentasikan/ menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang materi prilaku kejujuran.

A.    Tes Uraian

1.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan jujur?

2.       Tuliskan 5 contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari?

3.       Sebutkan 5 hikmah dari perilaku jujur?

4.       Sebutkan dampak postif dari perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari?

5.       Tuliskan hadist dan ayat yang berkaitan dengan perillaku jujur? 

 

 

B.   Diskusi

Mempresentasikan tentang makna tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.6  Memahami manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.6  Melaksanakan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6.1        Menjelaskan Makna kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

3.6.2        Mengemukakan ayat-ayat Al-Qur’an dan al-Hadis tentang perintah berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.6.3        Menjelaskan manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

4.6.1        Menerapkan  perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.6.2        Mendemonstrasikan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.6.3        Mencontohkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

Mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian.

6 x 45 Menit

a.    Mengamati

1.    Siswa Mencermati bacaan teks tentang makna kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

2.    Siswa membaca ayat-ayat al-qur’an dan al-hadis tentang perintah berlaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

3.    Siswa menyimak manfaat kejujuran dalam kehidupan seharihari

4.    Menyimak penjelasan materi di atas melalui tayangn video atau media lainnya.

b.    Menanya

1.    Apa yang di maksud dengan perilaku jujur?

2.    Apa saja pembagian sifat jujur?

3.    Bagaimana cara menerapkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

4.    Apa saja manfaat  sifat jujur dalam kehidupan sehari-hari?

5.    Mengapa kita harus membiasakan  jujur dalam kehidupan sehari-hari?

6.    Menanyakan kandungan Qs. Al-Maidah:8 dan Qs. At-taubah :119 yang berkaitan dengan kejujuran.

 

c.    Pengumpulan Data

1.    Guru mengamati perilaku jujur melalui lembar pengamatan di sekolah

2.    Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku jujur di rumah.

3.    Guru mengamati cara membaca Qs. Al-maidah : 8, at-taubah: 119 dan hadis yang bekaitan dengan kejujuran.

 

d.    Menalar

1.    Membuat kesimpulan dari materi tentang perilaku jujur.

e.    Mengomunikasikan

1.     Mempresentasikan/ menyampaikan hasil diskusi kelompok tentang materi prilaku kejujuran.

A.    Tes Uraian

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jujur?
  2. Tuliskan 5 contoh perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari?
  3. Sebutkan 5 hikmah dari perilaku jujur?
  4. Sebutkan dampak postif dari perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari?
  5. Tuliskan hadist dan ayat yang berkaitan dengan perillaku jujur? 

 

 

B.     Diskusi

Mempresentasikan tentang makna tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.7     Menganalisis kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.7     Menyajikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.7.1         Menjelaskan kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

3.7.2         Membiasakan bersikap semangat dalam menjalankan kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

3.7.3         Mengaitkan sikap semangat dalam menjalankan kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama dalam kehidupan sehari-hari

 

 

4.7.1     Mendemonstrasikan bacaan  Q.S at-Taubah (9): 122, sesuai dengan kaidah tajwid beserta hadisnya.

4.7.2     Menunjukan sikap semangat dalam menjalankan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S at-Taubah (9): 122 dan hadis

4.7.3     Menjelaskan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S at-Taubah (9): 122 dan hadis

 

 

 

 

kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

9 x 45 Menit

f.               Mengamati

1.       Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

2.       Pesarta didik mencermati kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama  melalui tayangan video atau media lainnya.

g.          Menanya

7.      Guru mengajukan pertanyaan terkait kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

8.      Peserta didik membuat pernyataan terkait kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama

h.          Pengumpulan Data

1.       Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

2.       Peserta didik mendiskusikan kewajiban menuntut ilmu dengan kewaiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

3.       Guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

4.       Peserta didik menganalisis kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

i.            Menalar

1.       Guru menyuruh peserta didik untuk membuat kesimpulan dari kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

2.       Peserta didik membuat kesimpulan dari kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

j.             Mengomunikasikan

2.       Peserta didik mendemonstrasikan dan menyampaikan hasil diskusi tentang  kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis secara individu maupun kelompok.

3.       Guru merefleksikan hasil diskusi tentang  kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama sesuai perintah Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis.

A.    Tes Uraian

 

1.      Jelaskan tentang kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama!

2.      Sebutkan contoh sikap yang menunjukan semangat dalam menjalankan kewajiban menuntut ilmu untuk membela agama di lingkungan sekolah!

 

B.     Tes Hapalan

Hafalkan Q.S. at-Taubah (9): 122 dan Hadis yang berkaitan dengan materi kewajiban menuntut ilmu dengan kewajiban membela agama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.8     Menganalisis kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.8.1  Membedakan (C2)  kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

9 x 45 Menit

a.      Mengamati

1.       Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

2.       Pesarta didik mencermati kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam melalui tayangan video atau media lainnya.

3.       Guru memberikan permasalahan terkait kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

4.       Peserta didik menanggapi terkait kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

b.      Pengumpulan data dan verifikasi;

3.       Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan permasalahan terkait kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

4.       Peserta didik mendiskusikan permasalahan terkait kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

5.      Pengumpulan informasi

1.       Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mencoba menjelaskan hasil penemuan informasi mengenai kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

2.       peserta didik mencoba menjelaskan hasil penemuan informasi mengenai kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

6.      Pengorganisasian

1.       Guru menyuruh peserta didik untuk menjelaskan fungsi al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

2.       Peserta didik menjelaskan fungsi al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

7.      Analisis Proses Inkuiri

1.         Peserta didik mendeonstrasikan perbedaan kedudukan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

2.         Peserta didik merefleksikanhhasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.

A.    Tes Uraian

1.   Jelaskan perbedaan antara kedudukan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam!

2.   Sebutkan contoh perilaku mulia dari pemahaman terhadap  al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam!

 

 

4.8  Menentukan suatu hukum berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

 

4.8.1        Menentukan hukum tentang suatu hal berdasarkan al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

 

al-Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

9 x 45 Menit

-                         Orientasi masalah

-   Guru menayangkan video atau media lainnya tentang masalah yang belum diketahui hukumnya dan meminta siswa untuk menentukan hukumnya berdasarkan

-   al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

-   Pesarta didik mencermati masalah yang belum diketahui hukumnya dan mengidentifikasi hukumnya berdasarkan

-   al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam melalui tayangan video atau media lainnya.

-   Pengumpulan data dan verifikasi;

-   Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan masalah yang belum diketahui hukumnya dan meminta siswa untuk menentukan hukumnya berdasarkan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

-   Peserta didik mendiskusikan masalah yang belum diketahui hukumnya dan menentukan hukumnya berdasarkan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

 

3.      Pengumpulan data melalui eksperimen;

-   Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mencoba menjelaskan hasil penemuan informasi mengenai masalah yang belum diketahui hukumnya dan meminta siswa untuk menentukan hukumnya berdasarkan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

-   peserta didik mencoba menjelaskan hasil penemuan informasi mengenai masalah yang belum diketahui hukumnya dan menentukan hukumnya berdasarkan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam

 

4.       Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi

-   Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk menjelaskan kedudukan sumber hukum Islam yang dijadikan rujukan pertama, kedua maupun ketiga untuk menentukan hukum pada permasalahan  yang belum diketahui hukumnya

-   Peserta didik menjelaskan kedudukan sumber hukum Islam yang dijadikan rujukan pertama, kedua maupun ketiga untuk menentukan hukum pada permasalahan  yang belum diketahui hukumnya

-   Guru menyuruh peserta didik untuk menjelaskan sumber hukum Islam yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk menggali hukum tentang sesuatu hal dari mulai al Qur’an, Hadis, ijtihad maupun sumber hukum yang lain.

-   Peserta didik menjelaskan sumber hukum Islam yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk menggali hukum tentang sesuatu hal dari mulai al Qur’an, Hadis, ijtihad maupun sumber hukum yang lain

5.       Analisis proses inkuiri

-   Peserta didik mendeonstrasikan hasil diskusi mengenai permasalahan yang belum diketahui hukumnya berdasarkan al Qur’an, Hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

-   Peserta didik merefleksikan hasil diskusi berdasarkan kelompok masing-masing.

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.9  Menganalisis tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.9.1   Membedakan (C2) tata cara ibadah haji, zakat dan wakaf.

3.9.2   Mempraktekan (C3) tata cara ibadah haji, zakat dan wakaf.

3.9.3   Menyimpulkan (C4) tata cara ibadah haji, zakat dan wakaf.

 

 

 

 

Tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf

9 x 45 Menit

A.    Mengamati

-        Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan tatacara ibadah haji, zakat, dan wakaf.

-        Pesarta didik mencermati tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf melalui tayangan video atau media lainnya.

B.     Menanya

-        Guru mengajukan pertanyaan terkait tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

-        Peserta didik membuat pernyataan terkait tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

C.    Pengumpulan Data

-        Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

-        Peserta didik mendiskusikan tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

-        Guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

-        Peserta didik menganalisis tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

D.    Menalar

-        Guru menyuruh peserta didik untuk membuat kesimpulan dari tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

-        Peserta didik membuat kesimpulan dari tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

E.      Mengomunikasikan

-       Peserta didik mendemonstrasikan dan menyampaikan hasil diskusi tentang  tatacara ibadah haji, zakat dan wakafsecara individu maupun kelompok.

-       Guru merefleksikan hasil diskusi tentang  tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

 

a.      Tes Uraian

 

1.      Sebutkan tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf!

2.      Jelaskan tatacara pelaksanaan ibadah haji, zakat dan wakaf!

 

 

 

4.9    Menyimulasikan tata cara ibadah haji, zakat, dan wakaf

 

4.9.1        Mendemonstrasikan tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

 

 

 

A.      Mengamati

-        Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan tatacara ibadah haji, zakat, dan wakaf.

-        Pesarta didik mencermati tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf melalui tayangan video atau media lainnya.

B.       Menanya

-        Guru mengajukan pertanyaan terkait menyimulasikan tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

-        Peserta didik membuat pernyataan terkait menyimulasikan tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

C.    Pengumpulan Data

-        Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan simulasi tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

-        Peserta didik mendiskusikan simulasi tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf

-        Guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis tatacara simulasi ibadah haji, zakat dan wakaf.

-       Peserta didik menganalisis simulasi tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

D.    Menalar

-        Guru menyuruh peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang simulasi dari tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

-        Peserta didik membuat kesimpulan tentang simulasi dari tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

E.      Mengomunikasikan

-        Peserta didik mendemonstrasikan dan menyampaikan hasil diskusi tentang simulasi dari tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf secara individu maupun kelompok.

-        Guru merefleksikan hasil diskusi tentang simulasi dari tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

b.     Praktek

Praktekanlah tatacara ibadah haji, zakat dan wakaf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.10  Menganalisis subtansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.10

Menyajikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.10.1  Menjelaskan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

3.10.2  Membiasakan berprilaku mulia yang mencerminkan pemahaman tentang subtansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

 

 

 

4.10.1

Mendemonstrasikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

 

 

substansi, strategi, dan

penyebab keberhasilan dakwah

Nabi Muhammad saw di

Makkah

9 x 45 Menit

A.    Mengamati

-        Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

-        Pesarta didik mencermati substansi, Strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah melalui tayangan video atau media lainnya.

B.     Menanya

-        Guru mengajukan pertanyaan terkait substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

-        Peserta didik membuat pernyataan terkait substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

C.     Pengumpulan Data

-        Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan substansi strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

-        Peserta didik mendiskusikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

-        Guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

-        Peserta didik menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

 

D.    Menalar

-        Guru menyuruh peserta didik untuk membuat kesimpulan dari substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

-        Peserta didik membuat kesimpulan dari substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

E.      Mengomunikasikan

-        Peserta didik mendemonstrasikan dan menyampaikan hasil diskusi tentang  substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah secara individu maupun kelompok.

-        Guru merefleksikan hasil diskusi tentang  substansi,

-        strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

 

A.    Tes Uraian

 

1.          Jelaskan tentang substansi, strategi, dan penyebab  keberhasilan dakwah nabi Muhamad saw di Makkah!

2.          Sebutkan contoh berperilaku mulia yang mencerminkan pemahaman tentang substansi, strategi, dan penyebab  keberhasilan dakwah nabi Muhamad saw di Makkah!

 

B.     Tes Prsentasi

Presentasikan berdasarkan kelompok tentang substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.11    

Menganalisis strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.11

Mempresentasikan dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.11.1

Menjelaskan strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

3.11.2  

Membiasakan berprilaku mulia yang mencerminkan pemahaman tentang strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

 

 

4.11.1

Mendemonstrasikan dan strategi dengan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

 

Strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

9 x 45 Menit

A.    Mengamati

-        Guru menayangkan video atau media lainnya yang berhubungan dengan strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

-        Pesarta didik mencermati strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah melalui tayangan video atau media lainnya.

B.      Menanya

-        Guru mengajukan pertanyaan terkait substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

-        Peserta didik membuat pernyataan terkait substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

C.     Pengumpulan Data

-        Guru mengintruksikan kepada peserta didik untuk mendiskusikan substansi strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di madinah

-        Peserta didik mendiskusikan substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

-        Guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw diMadinah

-        Peserta didik menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

D.    Menalar

-        Guru menyuruh peserta didik untuk membuat kesimpulan dari substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

-        Peserta didik membuat kesimpulan dari substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

E.      Mengomunikasikan

-        Peserta didik mendemonstrasikan dan menyampaikan hasil diskusi tentang  substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinahsecara individu maupun kelompok.

-        Guru merefleksikan hasil diskusi tentang  substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

A.    Tes Uraian

 

1.      Jelaskan tentang substansi, strategi, dan penyebab  keberhasilan dakwah nabi Muhamad saw di Madinah!

2.      Sebutkan contoh berperilaku mulia yang mencerminkan pemahaman tentang substansi, strategi, dan penyebab  keberhasilan dakwah nabi Muhamad saw di Madinah!

 

B.     Tes Prsentasi

Presentasikan berdasarkan kelompok tentang substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Madinah

 

 

 

 

 

 

Categories:


Silahkan copy dan share apabila bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment