Just another free Blogger theme

Put your ad code here

Responsive Ad

kumpulan artikel tentang pembelajaran, teknologi, olah raga, seni, dan lain lain

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

CATEGORIES

SOAL BAHASA INGGRIS X UAS GENAP 2022

ANNOUNCEMENT To      : Grade X students of SMK NEPAL From : Mrs. ERMA UJIYANTI Dear students, There will be an English  Class  started fro...

Friday, August 06, 2021

 



SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

 

Nama Sekolah                : SMK 

Kelas                               : XI

Bidang Keahlian              : Semua Bidang keahlian

Kompetensi Keahlian      : Semua Kompetensi Keahlian

KI-3 (Pengetahuan)      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

 

KI-4 (Keterampilan)         : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

   

 Baca juga: Silabus Bahasa Inggris Kelas XII SMK


 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kagiatan Pembelajaran

Penilaian

1

2

3

4

5

6

3.14.   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)

 

4.14.   Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.14.1  Menganalisa ungkapan- ungkapan yang digunakan untuk menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran ( giving and asking opinion)

3.14.2. Merespon pertanyaan yang berkaitan dengan menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving opinion

3.14.3. Menerapkan ungkapan ungkapan yang digunakan dalam menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving Opinion

 

4.14.1. Menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa inggris dalam konteks role play atau kegiatan lain yang terstruktur

4.14.2. Menuliskan ide atau gagasan mereka terhadap sebuah permasalahan

ASKING & GIVING OPINION

Asking Opinion

• How is your opinion?

• How about this?

• What do you think about…?

• what do you think of…?

• what is your opinion?

• hoiw do you like?

• how was the trip?

• How do you think of my idea?

• what are you feeling?

• how do you feel?

• How do you think?

• Please give me your opinion?

What is your comment?

• Give me your comment?

• what your view on?

• what is your reaction?

• give me your reaction

• Do you have opinion of…?

• what is your idea?

• do you have any idea?

• How about…?

• Do you like that?

• Do you think is it good?

• what do you like?

 

Giving Opinion

• In my opinion….

• I personally believe…

• I think that…

• As far I know …

• I tend to think that…

• In my view …

• I don’t think I care for it…

• To my mind…

• If you ask me, I feel …

• From my point of view… • The way I see is that…

• My comment is…

• it is my comment …

• To my mind…

• what I have in my mind is…

• I think I like it…

 

6

• Guru memulai  pelajaran dengan berdoa bersama

• Guru mengecek kehadiransiswa

• Guru menanyakan pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya

• Guru menyampaikan uraian materi, tujuan pembelajaran sesuai dengan RPP

 

Mengamati

• Guru menayangkan beberapa gambar

• Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru

• Guru menanyakan pada siswa tentang opini mereka pada gambar atau foto yang diberikanoleh guru

• Guru memberikansebuah dialog atau tayangan yang berkaitan dengan Asking and Giving Opinion

• Siswa mengamati tayangan yang diberikan oleh guru

• Guru menjelaskan tentang ungkapan-ungkapan yang digunakan dalamAsking and giving Opinion

• Siswa mengamati penjelasan dari guru tentang ungkapan –ungkapan yang digunakan dalam Asking and Giving opinion

 

Mengamati

• Siswa mengidentifikasi  ungkapan yang digunakan dalam menyakan dan mengungkapkan gagasan

 

Menanya

• Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi ungkapan –ungkapan yang digunakan baik dalam menanyakan atau mengungkapkan ide dan gagasan

• Siswa mendiskusikan tentang ungkapan yang baru saja mereka temukan yang berkaitan dengan menanyakan  dan mengungkan ide dan gagasan

• Guru memberikan sebuah text dialog beserta pertanyaannya pada siswa

• Siswa menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan oleh guru Secara berkelompok

• Siswa menanyakan hal- hal yang belum jelas mengenai hal yang berkaitandengan Asking and Giving opinion

 

•Guru mengajaksiswamerefleksikanpelajaran yang telahdipelajari

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.15    Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja

 

 

4.15    Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja

3.14.1  Menganalisa ungkapan- ungkapan yang digunakan untuk menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran ( giving and asking opinion)

3.14.2. Merespon pertanyaan yang berkaitan dengan menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving opinion

3.14.3. Menerapkan ungkapan ungkapan yang digunakan dalam menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving Opinion

 

4.15.1. Menangkap informasi yang ada dalam pesan sederhana

4.15.2. Menuliskan kembali informasi yang didapatkan

PHONE MESSAGE

a. Useful Phrases

How can I help?

Can I speak to …,    please?

Who’s calling, please?

Please hold

I’ll just put you through

Could I speak to……please?

Who shall I say is calling?

Just a second

I’ll see if he’s in

I’ve got ……..on the phone for you 

Hang on a moment

6

PERTEMUAN 1

Mengamati

• Memberikn contoh audio expression dealing with telephone conversation.

• Menjelasakan tentang Phrase yang digunkan dalam telephone conversation

 

Menanya

• Siswa menyusun pertanyaan terkait materi

Mengasosiasi

• Membagi siswa keadalam beberapa kelompok

• Meminta peserta didik untuk memahami dan mencatat pesan yang penting didalam telephone conversation.

• Guru berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok  dan memberikan bantuan jika ada peserta didik yang bertanya.

 

PERTEMUAN 2

Mengomunikasikan

 Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.

• Meminta setiap kelompok untuk memeperesntasikan dari hasil yang merka peroleh.

• Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain.

• Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.

• Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa      mengikuti dalam materi mengenai expression dealing with telephone conversation.

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.16    Menganalisis fungsi 6sosial, struktur teks, dan 6unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.16    Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi 6nsure, struktur teks, dan 6unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

3.16.1 Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri undangan resmi

3.16.2  Siswa dapat menerangkan penggunaan dari surat undangan resmi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.16.1 Siswa dapat mengedit dan merevisi surat undangan resmi dengan baik dan benar

4.16.2. Siswa dapat menyusun surat undangan resmi dengan baik dan benar

4.16.3. Siswa dapat merespon surat undangan resmi

 

Formal Invitation ( Surat Undangan Resmi)

• Fungsi Sosial

Menjaga hubungan interpersonal dalam konteks resmi

 

• Struktur Teks

Dapat mencakup:

- Sapaan

- Isi

- Penutup

 

• Unsur Kebahasaan

- Ungkapan dan istilah yang digunakan dalam undangan resmi

- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

• Topik

Acara formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang dapatmenumbuhkan perilaku yang termuat di KI

• Multimedia

Layout yang membuat tampilan teks lebih menarik.

( materi selengkapnya terlampir)

12

Menanya

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan Formal Invitation yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)

 

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

1. Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama contoh Formal Invitation yang diberi oleh guru

2. Membaca sumber lain selain buku teks

Mencari dan membaca berbagai referensi dari perpustakaan atau browsing di internet tentang formal invitation untuk bisa dibandingkan dengan tks yang ada di buku paket

3. Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi

4. Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

1. Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Formal Invitation

2. Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Formal Invitation

3. Saling tukar informasi tentang materi : Formal Invitation

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.17    Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.17    Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

3.17.1  mengidentifikasi ciri-ciri dari surat pribadi

3.17.2  menerangkan penggunaan dari surat pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.17.1  menceritakan informasi yang mereka dapat dari surat pribadi yang diberikan

4.17.2  menulis surat pribadi kepada beragam orang yang dituju

Teks tertulis berbentuk surat pribadi baik formal dan informal

 

Fungsi sosial:

1. Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman secara  tertulis

2. Memberi informasi kepada teman

 

Struktur teks:

Date

Salutation: Dear ....

Opening paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang dilakukan

Content: Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit

Closing: Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali

Signature

 

Unsur kebahasaan:

1. Kata dan tata bahasa baku

2. Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

3. Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan

4. Rujukan kata

5. simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi

12

PERTEMUAN 1

Mengamati

a. Siswa mengamati  contoh personal letter yang terdapat pada bacaan “letter to GOD”;

b. Siswa mendiskusikan bagian-bagian dan struktur bahasa dari personal letter;

c. Siswa mengamati dan menganalisa isi dan tujuan dari personal letter;

d. Siswa belajar menemukan gagasan utama dan informasi yang berkaitan dengan isi dan tujuan, dan unsur kebahasaan dari personal letter;

 

Menanya

a. Siswa mempertanyakan isi, tujuan, dan unsur kebahasaan dari personal letter

 

PERTEMUAN 2

Mengumpulkan informasi/mengeksplorasi

a. Siswa secara berkelompok mencari berbagai macam jenis – jenis surat pribadi baik yang formal dan informal.

b. Siswa secara berkelompok mencari persamaan dan perbedaan dari surat pribadi baik yang formal dan informal.

c. Siswa secara berkelompok mencari ekspresi – ekspresi yang ada di dalam surat, bagian – bagian surat, dan unsur kebahasaan yang digunakan.

d. Siswa secara berkelompok mencocokan phrase dengan tujuan yang tepat.

e. Siswa secara berkelompok mencari kesalahan (grammatical) yang ada di dalam surat.

f. Siswa secara berkelompok melengkapi kata yang hilang yang sesuai dengan kalimatnya.

 

PERTEMUAN 3

Mengkomunikasikan

a. Siswa membentuk kelompok untuk menentukan pilihan situasi dialog yang ada

b. Siswa melengkapi teks dialog sesuai dengan hasil diskusi kelompok

c. Siswa mempraktikan dialog yang sudah lengkap di depan kelas secara berpasangan

 

PERTEMUAN 4

Mengkomunikasikan

a. Siswa menulis surat pribadi tentang  ungkapan terima kasih kepada orang tua secara individu menggunakan format penulisan surat yang benar

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.18    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya

 

 

 

 

4.18    Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

3.18.1 Menunjukkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.

3.18.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya

4.18.1 Menuliskan teks prosedur melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.

4.18.2 Menuliskan teks prosedur dengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang tepat.

4.18.3 Menghasilkan sebuah teks prosedur yang koheren. 

Procedure text

 

• Goal : How to Install an application

 

•Steps:

- First, open the app store in your phone.

- Secondly,…..

- Third,….. dst.

12

PERTEMUAN 1

1) Guru menjelaskan tentang fungsi sosial dan struktur teks prosedur.

2) Siswa mendengarkan monolog mengenai isi prosedur kemudian mereka menjawab pertanyaan dan mengisi tabel terkait teks tersebut.

3) Siswa berlatih menjawab pertanyaan dalam tabel  mengenai teks prosedur.

4) Siswa membacakan hasil jawaban mereka dan mencocokkannya pada teman sekelasnya.

 

PERTEMUAN 2

1) Guru menjelaskan isi dan struktur teks prosedur dengan memperhatikan unsur kebahasaannya.

2) Guru menjelaskan kalimat imperative dan penggunaan conjunctive sequences pada teks prosedur.

3) Siswa membuat kalimat imperative dan penggunaan conjunctive sequences.

4) Guru memberikan feedback terhadap tulisan siswa.

 

PERTEMUAN 3

1) Guru menjelaskan penyusunan teks prosedur secara lisan dan tulisan.

2) Siswa membuat teks prosedur melakukan/membuat sesuatu.

 

PERTEMUAN 4

1)    Siswa mendemonstrasikan di depan temannya mengenai teks prosedur yang dibuat.

 

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.19    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan passive voice)

4.19    Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.19.1 Memahami Struktur teks dan ciri kebahasaan dalam memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah

3.19.2 Memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah

 

 

 

 

 

 

 

 

4.19.1 Membacakan deskripsi setiap produk budaya secara lisan di depan kelas secara bermakna dengan ucapan dan tekanan yang benar

4.19.2 Melengkapi teks tentang suatu produk yang kata kerjanya banyak yang dihilangkan dengan kata kerja yang makna tepat berbentuk pasif, dengan grammar dan ejaan yang benar

4.19.3 Membacakan deskripsi setiap produk budaya yang sudah lengkap di depan kelas secara bermakna dengan ucapan dan tekanan yang benar

4.19.4 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

PASSIVE VOICE

 

• Fungsi Sosial: Mendeskripsikan, memaparkan secara obyektif

 

• Struktur Teks

- Memulai

- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)

 

•Unsur Kebahasaan

- Kalimat deklaratif dan interogatif dalam passive voice

- Preposisiby

- Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.

- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

 

•Topik: Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, yang terkait dengan mata pelajaran lain yang menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

6

LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah

 

CRITICAL THINKING

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar

 

COLLABORATION

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok dan berdiskusi

 

COMMUNICATION

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan materi

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.20    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya

4.20    Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.20.1  Memahami fungsi sosial untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian

3.20.2  Menerapkan struktur teks untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.20.1  Menganalisis unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian

4.20.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian

IF CLAUSE

(CONDITIONAL SENTENCE)

 

Type 1

V1/ V1+s/es + Is/am/are

+

Will + V1

(Will + be)

 

Type 2

V2 + Were

+

Would + V1

(Would + be)

 

Type 3

Had + V3 + Had + been

+

Would have + V3

(Would have + been)

6

PERTEMUAN 1

Mengamati

·         Guru meminta siswa untuk mendengarkan dan menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam bahasa Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya

·         Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam bahasa Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya

 

Mengumpulkan informasi

·         Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam konteks yang benar, dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb. (think)

·         Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam konteks yang benar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar. (pair)

 

Mengkomunikasikan

·         Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi. (share)

 

Identifikasi  masalah

Menanya

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika menyebutkan pelakunya, dsb. (think)

 

Mengumpulkan informasi

·         Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam konteks yang benar. (pair)

 

Mengkomunikasikan

·         Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia. (share)

 

Pengumpulan data

Mengumpulkan informasi

·         Secara kolaboratif, berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur

 

Mengkomunikasikan

·         Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya

 

PERTEMUAN 2

Pembuktian

Menalar

·         Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.

·         Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain

 

Menarik kesimpulan/generalisasi

Menalar

·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.21    Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain

 

4.21    Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain

3.21.1  Menganalisis struktur teks serta menangkap makna dari teks tulis factual report

3.21.2  Menganalisis ciri kebahasaan serta menangkap makna dari teks tulis factual report

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.21.1  Menyusun teks tulis factual report dari skema yang disediakan.

4.21.2  Menyajikan teks factual report lisan berdasarkan skema yang disediakan

FACTUAL REPORT

 

Fungsi Sosial

Menguraikan gambaran umum tentang gejala alam, sosial, dan benda-benda buatan manusia, secara objektif dan ilmiah.

 

Struktur text

(1) Penyebutan jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan

(2) Deskripsi obyek termasuk nama, sifat dan perilaku  yang umum ditemukan/ dilihat.

 

Unsur kebahasaan

(1) Penyebutan kata benda umum, singular dan plural

(2) Kalimat dengan kata kerja be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple Present tense, atau Simple Past tense jika sudah punah atau tidak ada lagi.

(3) Penamaan dengan istilah ilmiah.

(4) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi

(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

(6) Rujukan kata

 

Topik: Benda, binatang dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII

12

PERTEMUAN 1

Mengamati

• Siswa membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam teks ilmiah faktual tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.

• Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks ilmiah faktual

• Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks (skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna

 

Mempertanyakan (questioning)

• Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks ilmiah faktual (factual report )yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia

• Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci dan kesimpulan dalam teks ilmiah faktual.

 

PERTEMUAN 2

• Merespon pertanyaan siswa teks factual report dan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu, informasi rinci, dan kesimpulan dalam teks factual report

 

Mengeksplorasi

• Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks factual report dari berbagai sumber.

• Siswa membacakan teks factual report kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat

• Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks factual report.

• Siswa secara berkelompok menuliskan teks factual report  tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan

1. Mengamati dan memfasilitasi belajar siswa mengenai teks factual report

2. Memberikan teks factual report

3. Memberikan pertanyaan berdasarkan teks factual report

4. Menyediakan kertas kosong jika perlu

5. Mengarahkan diskusi siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai teks factual report

 

PERTEMUAN 3

Mengasosiasi

• Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks report teks factual report yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan.

• Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.

 

PERTEMUAN 4

Mengkomunikasikan

• Siswa membuat kliping teks report dengan menyalin dari beberapa sumber.

• Siswa membuat jurnal belajar (learning journal)

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.22    Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.22    Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

3.22.1  Peserta didik mampu mengidentifikasi karakteristik teks eksposisi analitis

3.22.2  Peserta didik mampu menjelaskan format (struktur) teks eksposisi analitis

3.22.3  Peserta didik mampu menjelaskan penggunaan teks eksposisi analitis

 

 

 

4.22.1  Peserta didik mampu menyampaikan informasi yang mereka tangkap dari teks eksposisi analitis yang diberikan secara tepat

4.22.2  Peserta didik mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang dipelajari

4.21.3  Peserta didik mampu membuat ringkasan dari teks eksposisi analitis yang diberikan secara tepat

ANALYTICAL EXPOSITION

 

Fungsi sosial: Mengajak pembaca untuk melihat isu yang hangat dibicarakan umum melalui sudut pandang penulis.

 

Struktur teks

1. Title:

2. Introduction:

3. Body:

 

Unsur Kebahasaan

1. Use descriptive persuasive words

2. Use present tense

3. Use Mental Verbs

4. Use  Saying  Verbs

5. Use Connecting words

6. Use Causal Conjunction 7. Use words that express the author's attitude

8. Use persuasive techniques

12

PERTEMUAN 1

Mengamati

a.    Peserta didik menyaksikan video singkat tentang global warming.

b.    Peserta didik membaca contoh teks eksposisi analitis dengan tema aktual dan kontekstual tentang Global Warming (Buku Peserta didik, Bab 11: Hal. 253-254).

 

Menanya

a.    Peserta didik mempertanyakan tentang global warming, baik dari video yang disaksikan maupun dari teks yang dibaca.

b.    Peserta didik mempertanyakan kenapa global warming terjadi.

c.     Peserta didik mempertanyakan dampak terjadinya global warming.

d.    Peserta didik mempertanyakan solusi untuk mengatasi global warming.

e.    Peserta didik mempertanyakan karakteristik (tujuan komunikatif dan unsur kebahasaan) teks yang dibaca.

f.      Peserta didik mempertanyakan struktur teks yang dibaca.

g.    Peserta didik mempertanyakan penggunaan teks yang dibaca.

 

Mengeksplorasi

a.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan tentang global warming.

b.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan kenapa global warming terjadi, baik dengan tukar pendapat dalam kelompoknya maupun dengan mencari referensi dari buku atau sumber lainnya (misalnya internet).

c.     Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan dampak terjadinya global warming yang mereka ketahui terjadi baik di lingkungan sekitar maupun secara global.

 

PERTEMUAN 2

d.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan solusi untuk mengatasi global warming dari langkah kecil dan sederhana selaku individu maupun langkah besar yang harus dilakukan otoritas yang ada.

e.    Peserta didik secara berkelompok mendiskusikan karakteristik (tujuan komunikatif dan unsur kebahasaan), struktur teks, dan penggunaan teks yang dibaca.

 

PERTEMUAN 3

Mengasosiasi

a.    Peserta didik secara berkelompok membandingkan satu teks eksposisi analitis dengan teks lain yang sejenis untuk menemukan keterkaitan dari karakteristik teks yang dipelajari.

b.    Peserta didik secara berkelompok membandingkan satu teks eksposisi analitis dengan teks lain yang sejenis untuk menemukan keterkaitan dari struktur teks yang dipelajari.

c.     Peserta didik secara berkelompok membandingkan satu teks eksposisi analitis dengan teks lain yang sejenis untuk menemukan keterkaitan dari konteks penggunaanya.

d.    Peserta didik secara berkelompok mengambil berbagai kesimpulan dari keterkaitan yang ditemukan.

e.    Peserta didik secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan tentang berbagai aspek teks dari karakteristik, struktur, penggunaan, hingga isi teks berdasarkan hasil diskusi.

f.      Peserta didik secara berkelompok menyusun ringkasan dari teks eksposisi analitis yang dibaca.

 

PERTEMUAN 4

Mengkomunikasikan

a.     Peserta didik mengkomunikasikan jawaban-jawaban dari pertanyaan berdasarkan bacaan dari hasil diskusi kelompoknya.

Peserta didik mengkomunikasikan ringkasan dari teks eksposisi analitis yang dibaca hasil diskusi kelompoknya.

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

3.23    Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya

 

4.23    Menyusun teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

3.23.1. Menjelaskan pengertian dari Biografi

3.23.2. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks Biografi

3.23.3. Menjelaskan keguanaan dari Biografi

 

4.23.1  Menuliskan teks Biografi pendek melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan.

4.23.2  Menceritakan kembali isi dari Biografi pendek / sedang tokoh menggunakan bahasa sendiri dengan benar.

4.32.3  Menuliskan rangkuman dari Biografi pendek / sedang tokoh menggunakan bahasa sendiri dengan benar. 

BIOGRAPHY

Cerita ulang (recount) adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya.

 

 

Struktur Biografi

1. Orientasi

2. Events/Peristiwa dan Masalah

3. Reorientasi

12

Mengamati

1) Siswa membaca contoh teks

 

Menanya

2)    Siswa menyusun pertanyaan

 

Mengasosiasi

3) Siswa berlatih menjawab

4) Siswa membacakan

5) Guru menguatkan materi

 

 

Mengasosiasi

1) Guru mengeelompokkan siswa

2) Guru memberikan beberapa pertanyaan mengenai hal-hal yang perlu didiskusikan dalam kelompok termasuk struktur teks dan keteladanan tokoh dalam Biografi.

3) Siswa mendiskusikan hal-hal yang perlu didiskusikan dalam kelompok termasuk struktur teks dan keteladanan tokoh dalam Biografi.

 

Mengomunikasikan

4) Beberapa Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi

 

Mengasosiasi

1) Guru menjelaskan penyusunan teks Biografi secara lisan dan tulisan.

2) Siswa membuat teks Biografi

 

Mengomunikasikan

1) Beberapa siswa menyajikan hasil tulisannya

a. Kompetensi Kognitif: Question- answer

b. Kompetensi Ketrampilan: essay

c. Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi

 

Categories:


Silahkan copy dan share apabila bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment