SILABUS MATA PELAJARAN
BAHASA INGGRIS
Nama Sekolah :
SMK
Kelas :
XI
Bidang Keahlian :
Semua Bidang keahlian
Kompetensi Keahlian :
Semua Kompetensi Keahlian
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian Bahasa Inggris pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah,
dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) :
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kagiatan Pembelajaran |
Penilaian |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
3.14. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I
think, I suppose, in my opinion) 4.14. Menyusun teks interaksi transaksional,
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.14.1 Menganalisa ungkapan- ungkapan yang
digunakan untuk menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran (
giving and asking opinion) 3.14.2. Merespon pertanyaan yang berkaitan dengan
menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving
opinion 3.14.3. Menerapkan ungkapan ungkapan yang digunakan dalam
menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving
Opinion 4.14.1. Menyatakan pendapat dan pikiran dengan bahasa
inggris dalam konteks role play atau kegiatan lain yang terstruktur 4.14.2. Menuliskan ide atau gagasan mereka terhadap
sebuah permasalahan |
ASKING & GIVING OPINION Asking
Opinion •
How is your opinion? •
How about this? •
What do you think about…? •
what do you think of…? •
what is your opinion? •
hoiw do you like? •
how was the trip? •
How do you think of my idea? •
what are you feeling? •
how do you feel? •
How do you think? •
Please give me your opinion? What
is your comment? •
Give me your comment? •
what your view on? •
what is your reaction? •
give me your reaction •
Do you have opinion of…? •
what is your idea? •
do you have any idea? •
How about…? •
Do you like that? •
Do you think is it good? •
what do you like? Giving
Opinion •
In my opinion…. •
I personally believe… •
I think that… •
As far I know … •
I tend to think that… •
In my view … •
I don’t think I care for it… •
To my mind… •
If you ask me, I feel … •
From my point of view… • The way I see is that… •
My comment is… •
it is my comment … •
To my mind… •
what I have in my mind is… •
I think I like it… |
6 |
•
Guru memulai pelajaran dengan berdoa
bersama •
Guru mengecek kehadiransiswa •
Guru menanyakan pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya •
Guru menyampaikan uraian materi, tujuan pembelajaran sesuai dengan RPP Mengamati •
Guru menayangkan beberapa gambar •
Siswa melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru •
Guru menanyakan pada siswa tentang opini mereka pada gambar atau foto yang
diberikanoleh guru •
Guru memberikansebuah dialog atau tayangan yang berkaitan dengan Asking and
Giving Opinion •
Siswa mengamati tayangan yang diberikan oleh guru •
Guru menjelaskan tentang ungkapan-ungkapan yang digunakan dalamAsking and
giving Opinion •
Siswa mengamati penjelasan dari guru tentang ungkapan –ungkapan yang
digunakan dalam Asking and Giving opinion Mengamati •
Siswa mengidentifikasi ungkapan yang
digunakan dalam menyakan dan mengungkapkan gagasan Menanya •
Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi ungkapan –ungkapan yang
digunakan baik dalam menanyakan atau mengungkapkan ide dan gagasan •
Siswa mendiskusikan tentang ungkapan yang baru saja mereka temukan yang
berkaitan dengan menanyakan dan
mengungkan ide dan gagasan •
Guru memberikan sebuah text dialog beserta pertanyaannya pada siswa •
Siswa menjawab pertanyaan- pertanyaan yang diberikan oleh guru Secara
berkelompok •
Siswa menanyakan hal- hal yang belum jelas mengenai hal yang berkaitandengan
Asking and Giving opinion •Guru
mengajaksiswamerefleksikanpelajaran yang telahdipelajari |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.15 Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai dengan
konteks penggunaannya di dunia kerja 4.15 Menuliskan
kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar
dan sesuai konteks dunia kerja |
3.14.1 Menganalisa ungkapan- ungkapan yang
digunakan untuk menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran (
giving and asking opinion) 3.14.2. Merespon pertanyaan yang berkaitan dengan
menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and Giving
opinion 3.14.3. Menerapkan ungkapan ungkapan yang digunakan
dalam menanyakan dan menyatakan tentang pendapat dan pikiran Asking and
Giving Opinion 4.15.1. Menangkap informasi yang ada dalam pesan
sederhana 4.15.2.
Menuliskan kembali informasi yang didapatkan |
PHONE MESSAGE a.
Useful Phrases How
can I help? Can
I speak to …, please? Who’s
calling, please? Please
hold I’ll
just put you through Could
I speak to……please? Who
shall I say is calling? Just
a second I’ll
see if he’s in I’ve
got ……..on the phone for you Hang
on a moment |
6 |
PERTEMUAN 1 Mengamati • Memberikn
contoh audio expression dealing with telephone conversation. • Menjelasakan
tentang Phrase yang digunkan dalam telephone conversation Menanya • Siswa
menyusun pertanyaan terkait materi Mengasosiasi • Membagi
siswa keadalam beberapa kelompok • Meminta
peserta didik untuk memahami dan mencatat pesan yang penting didalam
telephone conversation. • Guru
berkeliling mengamati pekerjaan setiap kelompok dan memberikan bantuan jika ada peserta
didik yang bertanya. PERTEMUAN 2 Mengomunikasikan • Memberikan umpan balik pada peserta didik
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah
dapat menyelesaikan tugasnya. • Meminta
setiap kelompok untuk memeperesntasikan dari hasil yang merka peroleh. • Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik
melalui sumber buku lain. • Memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
sudah dilakukan. • Memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai
expression dealing with telephone conversation. |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.16 Menganalisis
fungsi 6sosial, struktur teks, dan 6unsur kebahasaan beberapa teks khusus
dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya 4.16 Menyusun
teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi 6nsure, struktur teks, dan
6unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
3.16.1
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri undangan resmi 3.16.2 Siswa dapat menerangkan penggunaan dari
surat undangan resmi 4.16.1
Siswa dapat mengedit dan merevisi surat undangan resmi dengan baik dan benar 4.16.2.
Siswa dapat menyusun surat undangan resmi dengan baik dan benar 4.16.3.
Siswa dapat merespon surat undangan resmi |
Formal Invitation ( Surat Undangan Resmi) • Fungsi
Sosial Menjaga
hubungan interpersonal dalam konteks resmi • Struktur
Teks Dapat
mencakup: - Sapaan - Isi - Penutup • Unsur
Kebahasaan - Ungkapan
dan istilah yang digunakan dalam undangan resmi - Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan • Topik Acara
formal yang terkait dengan sekolah, rumah, dan masyarakat yang
dapatmenumbuhkan perilaku yang termuat di KI • Multimedia Layout
yang membuat tampilan teks lebih menarik. (
materi selengkapnya terlampir) |
12 |
Menanya Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan Formal Invitation yang disajikan dan
akan dijawab melalui kegiatan belajar Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan
sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi
(Karakter) Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan: 1.
Mengamati obyek/kejadian Mengamati
dengan seksama contoh Formal Invitation yang diberi oleh guru 2.
Membaca sumber lain selain buku teks Mencari
dan membaca berbagai referensi dari perpustakaan atau browsing di internet
tentang formal invitation untuk bisa dibandingkan dengan tks yang ada di buku
paket 3.
Aktivitas Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati
dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi 4.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru. COLLABORATION
(KERJASAMA) Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: 1.
Mendiskusikan Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Formal Invitation 2.
Mengumpulkan informasi Mencatat
semua informasi tentang materi Formal Invitation 3.
Saling tukar informasi tentang materi : Formal Invitation |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.17 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan
diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.17 Menyusun
teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan
orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
3.17.1 mengidentifikasi ciri-ciri dari surat
pribadi 3.17.2 menerangkan penggunaan dari surat pribadi 4.17.1 menceritakan informasi yang mereka dapat
dari surat pribadi yang diberikan 4.17.2 menulis surat pribadi kepada beragam orang
yang dituju |
Teks tertulis berbentuk surat pribadi baik
formal dan informal Fungsi
sosial: 1.
Menjalin hubungan dengan bertegur sapa dan memberi kabar pribadi kepada teman
secara tertulis 2.
Memberi informasi kepada teman Struktur
teks: Date
Salutation:
Dear .... Opening
paragraph: Greetings dan mengabarkan keadaan sekarang dan apa yang sedang
dilakukan Content:
Mengabarkan hal yang sudah/ akan terjadit Closing:
Menutup surat dengan harapan untuk bertemu kembali Signature Unsur
kebahasaan: 1.
Kata dan tata bahasa baku 2.
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi. 3.
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan 4.
Rujukan kata 5.
simple present, simple past, ejaan, ucapan, intonasi, tekanan kata, tanda
baca, dan tulisan tangan yang jelas dan rapi |
12 |
PERTEMUAN
1 Mengamati
a.
Siswa mengamati contoh personal letter
yang terdapat pada bacaan “letter to GOD”; b.
Siswa mendiskusikan bagian-bagian dan struktur bahasa dari personal letter; c.
Siswa mengamati dan menganalisa isi dan tujuan dari personal letter; d.
Siswa belajar menemukan gagasan utama dan informasi yang berkaitan dengan isi
dan tujuan, dan unsur kebahasaan dari personal letter; Menanya a.
Siswa mempertanyakan isi, tujuan, dan unsur kebahasaan dari personal letter PERTEMUAN
2 Mengumpulkan
informasi/mengeksplorasi a.
Siswa secara berkelompok mencari berbagai macam jenis – jenis surat pribadi
baik yang formal dan informal. b.
Siswa secara berkelompok mencari persamaan dan perbedaan dari surat pribadi
baik yang formal dan informal. c.
Siswa secara berkelompok mencari ekspresi – ekspresi yang ada di dalam surat,
bagian – bagian surat, dan unsur kebahasaan yang digunakan. d.
Siswa secara berkelompok mencocokan phrase dengan tujuan yang tepat. e.
Siswa secara berkelompok mencari kesalahan (grammatical) yang ada di dalam
surat. f.
Siswa secara berkelompok melengkapi kata yang hilang yang sesuai dengan
kalimatnya. PERTEMUAN
3 Mengkomunikasikan a.
Siswa membentuk kelompok untuk menentukan pilihan situasi dialog yang ada b.
Siswa melengkapi teks dialog sesuai dengan hasil diskusi kelompok c.
Siswa mempraktikan dialog yang sudah lengkap di depan kelas secara
berpasangan PERTEMUAN
4 Mengkomunikasikan a.
Siswa menulis surat pribadi tentang
ungkapan terima kasih kepada orang tua secara individu menggunakan
format penulisan surat yang benar |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.18 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai
dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya 4.18 Menyusun
teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan
teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
3.18.1
Menunjukkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai
dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya. 3.18.2
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait
manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana,
sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya 4.18.1
Menuliskan teks prosedur melalui penguasaan tata bahasa dan kosakata yang
relevan. 4.18.2
Menuliskan teks prosedur dengan menggunakan huruf besar dan tanda baca yang
tepat. 4.18.3
Menghasilkan sebuah teks prosedur yang koheren. |
Procedure text • Goal
: How to Install an application •Steps: - First,
open the app store in your phone. - Secondly,….. - Third,…..
dst. |
12 |
PERTEMUAN 1 1)
Guru menjelaskan tentang fungsi sosial dan struktur teks prosedur. 2)
Siswa mendengarkan monolog mengenai isi prosedur kemudian mereka menjawab
pertanyaan dan mengisi tabel terkait teks tersebut. 3)
Siswa berlatih menjawab pertanyaan dalam tabel mengenai teks prosedur. 4)
Siswa membacakan hasil jawaban mereka dan mencocokkannya pada teman
sekelasnya. PERTEMUAN 2 1)
Guru menjelaskan isi dan struktur teks prosedur dengan memperhatikan unsur
kebahasaannya. 2)
Guru menjelaskan kalimat imperative dan penggunaan conjunctive sequences pada
teks prosedur. 3)
Siswa membuat kalimat imperative dan penggunaan conjunctive sequences. 4)
Guru memberikan feedback terhadap tulisan siswa. PERTEMUAN 3 1)
Guru menjelaskan penyusunan teks prosedur secara lisan dan tulisan. 2)
Siswa membuat teks prosedur melakukan/membuat sesuatu. PERTEMUAN 4 1) Siswa mendemonstrasikan di depan temannya
mengenai teks prosedur yang dibuat. |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.19 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan passive voice) 4.19 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.19.1
Memahami Struktur teks dan ciri kebahasaan dalam memberi dan meminta
informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah 3.19.2
Memahami unsur kebahasaan dari ungkapan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah 4.19.1
Membacakan deskripsi setiap produk budaya secara lisan di depan kelas secara
bermakna dengan ucapan dan tekanan yang benar 4.19.2
Melengkapi teks tentang suatu produk yang kata kerjanya banyak yang
dihilangkan dengan kata kerja yang makna tepat berbentuk pasif, dengan
grammar dan ejaan yang benar 4.19.3
Membacakan deskripsi setiap produk budaya yang sudah lengkap di depan kelas
secara bermakna dengan ucapan dan tekanan yang benar 4.19.4
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/
kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
PASSIVE VOICE •
Fungsi Sosial: Mendeskripsikan, memaparkan secara obyektif • Struktur
Teks - Memulai - Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan) •Unsur
Kebahasaan - Kalimat
deklaratif dan interogatif dalam passive voice - Preposisiby - Nomina
singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb. - Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan •Topik:
Benda, binatang, tumbuh-tumbuhan, yang terkait dengan mata pelajaran lain
yang menumbuhkan perilaku yang termuat di KI |
6 |
LITERASI Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Ungakapan-ungkapan memberi dan meminta informasi terkait keadaan /tindakan/
kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah CRITICAL
THINKING Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar COLLABORATION Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok dan berdiskusi COMMUNICATION Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan materi |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.20 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa
di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.20 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika
terjadi suatu keadaan/ kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
3.20.1 Memahami fungsi sosial untuk menyatakan dan
menanyakan tentang pengandaian 3.20.2 Menerapkan struktur teks untuk menyatakan
dan menanyakan tentang pengandaian 4.20.1 Menganalisis unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian 4.20.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian |
IF CLAUSE (CONDITIONAL SENTENCE) Type
1 V1/ V1+s/es + Is/am/are + Will + V1 (Will + be) Type
2 V2 + Were + Would + V1 (Would + be) Type
3 Had + V3 + Had + been + Would have + V3 (Would have + been) |
6 |
PERTEMUAN 1 Mengamati ·
Guru meminta siswa untuk mendengarkan dan
menyaksikan guru dan warga sekolah lain menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam bahasa
Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan
fungsi sosialnya ·
Siswa dituntut untuk mencontoh kebiasaan tersebut
dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam bahasa
Inggris, dalam konteks yang benar, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan
fungsi sosialnya Mengumpulkan
informasi ·
Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh
interaksi dengan menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/
peristiwa di waktu yang akan datang, dalam konteks yang benar, dalam bahasa
Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb. (think) ·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan menyatakan
dan menanyakan pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang dalam konteks
yang benar dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan
sikap yang benar. (pair) Mengkomunikasikan ·
Siswa berupaya membaca secara lancar dengan ucapan,
tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca
yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi. (share) Identifikasi masalah Menanya ·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang
perbedaan antara cara menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi
suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang, dalam bahasa
Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika menyebutkan pelakunya, dsb. (think) Mengumpulkan informasi ·
Dengan bimbingan dan arahan guru, mengidentifikasi
ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi
menyatakan dan menanyakan pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang
dalam konteks yang benar. (pair) Mengkomunikasikan ·
Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/
peristiwa di waktu yang akan datang dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana
dalam bahasa Indonesia. (share) Pengumpulan data Mengumpulkan informasi ·
Secara
kolaboratif, berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang
dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play,
dan kegiatan lain yang terstruktur Mengkomunikasikan ·
Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul
kesempatan untuk menyatakan dan menanyakan pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian/
peristiwa di waktu yang akan datang, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya PERTEMUAN 2 Pembuktian Menalar ·
Siswa membandingkan
ungkapan menyatakan dan menanyakan pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas. ·
Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan
menanyakan pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian/ peristiwa di waktu yang akan datang yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan
yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain Menarik
kesimpulan/generalisasi Menalar ·
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur
kebahasaan yang digunakan |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.21 Menganalisis
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks
factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain 4.21 Menyusun
teks ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang
orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan
mata pelajaran lain |
3.21.1 Menganalisis struktur teks serta menangkap
makna dari teks tulis factual report 3.21.2 Menganalisis ciri kebahasaan serta menangkap
makna dari teks tulis factual report 4.21.1 Menyusun teks tulis factual report dari
skema yang disediakan. 4.21.2 Menyajikan teks factual report lisan
berdasarkan skema yang disediakan |
FACTUAL REPORT Fungsi
Sosial Menguraikan
gambaran umum tentang gejala alam, sosial, dan benda-benda buatan manusia,
secara objektif dan ilmiah. Struktur
text (1)
Penyebutan jenis atau golongan dari obyek yang dipaparkan (2)
Deskripsi obyek termasuk nama, sifat dan perilaku yang umum ditemukan/ dilihat. Unsur
kebahasaan (1)
Penyebutan kata benda umum, singular dan plural (2)
Kalimat dengan kata kerja be, have, look, need, breed, dll., dalam Simple
Present tense, atau Simple Past tense jika sudah punah atau tidak ada lagi. (3)
Penamaan dengan istilah ilmiah. (4)
Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi (5)
Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan. (6)
Rujukan kata Topik:
Benda, binatang dan gejala/peristiwa alam terkait dengan mata pelajaran lain
di Kelas XII |
12 |
PERTEMUAN 1 Mengamati •
Siswa membaca/mendengarkan/ menonton berbagai macam teks ilmiah faktual
tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata
pelajaran lain di Kelas XII. •
Siswa memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/ penulisan teks
ilmiah faktual •
Siswa belajar membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum dari teks
(skimming) dan menentukan jeda pada tempatnya untuk membaca dengan bermakna Mempertanyakan
(questioning) •
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan
antar berbagai teks ilmiah faktual (factual report )yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia •
Siswa mempertanyakan cara menemukan gagasan pokok, informasi tertentu,
informasi rinci dan kesimpulan dalam teks ilmiah faktual. PERTEMUAN 2 •
Merespon pertanyaan siswa teks factual report dan cara menemukan gagasan
pokok, informasi tertentu, informasi rinci, dan kesimpulan dalam teks factual
report Mengeksplorasi •
Siswa membaca/mendengarkan beberapa teks factual report dari berbagai sumber. •
Siswa membacakan teks factual report kepada teman dengan menggunakan unsur
kebahasaan yang tepat •
Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata
dalam teks factual report. •
Siswa secara berkelompok menuliskan teks factual report tentang benda, binatang dan
gejala/peristiwa alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan 1.
Mengamati dan memfasilitasi belajar siswa mengenai teks factual report 2.
Memberikan teks factual report 3.
Memberikan pertanyaan berdasarkan teks factual report 4.
Menyediakan kertas kosong jika perlu 5.
Mengarahkan diskusi siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai
teks factual report PERTEMUAN 3 Mengasosiasi •
Secara berpasangan siswa saling menganalisis teks report teks factual report
yang tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan. •
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil
analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok. PERTEMUAN 4 Mengkomunikasikan •
Siswa membuat kliping teks report dengan menyalin dari beberapa sumber. •
Siswa membuat jurnal belajar (learning journal) |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.22 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi
analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu
aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya 4.22 Menyusun
teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks |
3.22.1 Peserta didik mampu mengidentifikasi
karakteristik teks eksposisi analitis 3.22.2 Peserta didik mampu menjelaskan format
(struktur) teks eksposisi analitis 3.22.3 Peserta didik mampu menjelaskan penggunaan
teks eksposisi analitis 4.22.1 Peserta didik mampu menyampaikan informasi
yang mereka tangkap dari teks eksposisi analitis yang diberikan secara tepat 4.22.2 Peserta didik mampu menjawab pertanyaan
berdasarkan teks yang dipelajari 4.21.3 Peserta didik mampu membuat ringkasan dari
teks eksposisi analitis yang diberikan secara tepat |
ANALYTICAL EXPOSITION Fungsi
sosial: Mengajak pembaca untuk melihat isu yang hangat dibicarakan umum
melalui sudut pandang penulis. Struktur
teks 1.
Title: 2.
Introduction: 3.
Body: Unsur
Kebahasaan 1.
Use descriptive persuasive words 2.
Use present tense 3.
Use Mental Verbs 4.
Use Saying Verbs 5.
Use Connecting words 6.
Use Causal Conjunction 7. Use words that express the author's attitude 8.
Use persuasive techniques |
12 |
PERTEMUAN
1 Mengamati a.
Peserta
didik menyaksikan video singkat tentang global warming. b.
Peserta
didik membaca contoh teks eksposisi analitis dengan tema aktual dan kontekstual
tentang Global Warming (Buku Peserta didik, Bab 11: Hal. 253-254). Menanya a.
Peserta
didik mempertanyakan tentang global warming, baik dari video yang disaksikan
maupun dari teks yang dibaca. b.
Peserta
didik mempertanyakan kenapa global warming terjadi. c.
Peserta
didik mempertanyakan dampak terjadinya global warming. d.
Peserta
didik mempertanyakan solusi untuk mengatasi global warming. e.
Peserta
didik mempertanyakan karakteristik (tujuan komunikatif dan unsur kebahasaan)
teks yang dibaca. f.
Peserta
didik mempertanyakan struktur teks yang dibaca. g.
Peserta
didik mempertanyakan penggunaan teks yang dibaca. Mengeksplorasi a.
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan tentang global warming. b.
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan kenapa global warming terjadi, baik
dengan tukar pendapat dalam kelompoknya maupun dengan mencari referensi dari
buku atau sumber lainnya (misalnya internet). c.
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan dampak terjadinya global warming yang
mereka ketahui terjadi baik di lingkungan sekitar maupun secara global. PERTEMUAN
2 d.
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan solusi untuk mengatasi global warming
dari langkah kecil dan sederhana selaku individu maupun langkah besar yang
harus dilakukan otoritas yang ada. e.
Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan karakteristik (tujuan komunikatif dan
unsur kebahasaan), struktur teks, dan penggunaan teks yang dibaca. PERTEMUAN 3 Mengasosiasi a.
Peserta
didik secara berkelompok membandingkan satu teks eksposisi analitis dengan
teks lain yang sejenis untuk menemukan keterkaitan dari karakteristik teks
yang dipelajari. b.
Peserta
didik secara berkelompok membandingkan satu teks eksposisi analitis dengan
teks lain yang sejenis untuk menemukan keterkaitan dari struktur teks yang
dipelajari. c.
Peserta
didik secara berkelompok membandingkan satu teks eksposisi analitis dengan
teks lain yang sejenis untuk menemukan keterkaitan dari konteks penggunaanya. d.
Peserta
didik secara berkelompok mengambil berbagai kesimpulan dari keterkaitan yang
ditemukan. e.
Peserta
didik secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan tentang
berbagai aspek teks dari karakteristik, struktur, penggunaan, hingga isi teks
berdasarkan hasil diskusi. f.
Peserta
didik secara berkelompok menyusun ringkasan dari teks eksposisi analitis yang
dibaca. PERTEMUAN 4 Mengkomunikasikan a.
Peserta
didik mengkomunikasikan jawaban-jawaban dari pertanyaan berdasarkan bacaan
dari hasil diskusi kelompoknya. Peserta
didik mengkomunikasikan ringkasan dari teks eksposisi analitis yang dibaca
hasil diskusi kelompoknya. |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
3.23 Menganalisis
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai
dengan konteks penggunaannya 4.23 Menyusun
teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks |
3.23.1. Menjelaskan pengertian dari Biografi 3.23.2. Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks Biografi 3.23.3. Menjelaskan keguanaan dari Biografi 4.23.1 Menuliskan teks Biografi pendek melalui
penguasaan tata bahasa dan kosakata yang relevan. 4.23.2 Menceritakan kembali isi dari Biografi
pendek / sedang tokoh menggunakan bahasa sendiri dengan benar. 4.32.3 Menuliskan rangkuman dari Biografi pendek /
sedang tokoh menggunakan bahasa sendiri dengan benar. |
BIOGRAPHY Cerita
ulang (recount) adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu
secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur
pembacanya, atau bisa keduanya. Struktur
Biografi 1.
Orientasi 2.
Events/Peristiwa dan Masalah 3.
Reorientasi |
12 |
Mengamati 1)
Siswa membaca contoh teks Menanya 2) Siswa menyusun pertanyaan Mengasosiasi 3)
Siswa berlatih menjawab 4)
Siswa membacakan 5)
Guru menguatkan materi Mengasosiasi 1)
Guru mengeelompokkan siswa 2)
Guru memberikan beberapa pertanyaan mengenai hal-hal yang perlu didiskusikan
dalam kelompok termasuk struktur teks dan keteladanan tokoh dalam Biografi. 3)
Siswa mendiskusikan hal-hal yang perlu didiskusikan dalam kelompok termasuk
struktur teks dan keteladanan tokoh dalam Biografi. Mengomunikasikan 4)
Beberapa Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi Mengasosiasi 1)
Guru menjelaskan penyusunan teks Biografi secara lisan dan tulisan. 2)
Siswa membuat teks Biografi Mengomunikasikan 1)
Beberapa siswa menyajikan hasil tulisannya |
a.
Kompetensi Kognitif: Question- answer b.
Kompetensi Ketrampilan: essay c.
Kompetensi Sikap: Absensi Kehadiran, jurnal kerja, observasi |
0 comments:
Post a Comment