| 
   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1) Sekolah                :
  SMK  Mata
  Pelajaran     : Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas/Semester
     : X / 1 Alokasi
  Waktu     : 4 x 45 menit (2 pertemuan) KB                       : 75 A.  Kompetensi Inti  KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
  prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
  teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
  sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah KI 4.  Mengolah,
  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan B.  Kompetensi Dasar  3.1 Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam
  berkarya seni rupa  4.1      
  Membuat karya seni rupa dua
  dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model  C.  Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1
  Menjelaskan konsep, unsur, prinsip, bahan, dan
  teknik dalam berkarya seni rupa 3.1.2 Menyebutkan unsur, bahan, dan teknik dalam berkarya seni
  rupa 4.1.1 Mengidentifikasi media dan teknik dengan melihat model
  karya seni rupa dua dimensi 4.1.2 Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai
  media dan teknik dengan melihat model D.  Tujuan Pembelajaran 
 2.      Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
  peserta didik dapat menyebutkan unsur, bahan, dan teknik
  dalam berkarya seni rupa secara mandiri 3.      Disediakan contoh karya seni rupa dua dimensi,
  peserta didik akan dapat melakukan identifikasi media
  dan teknik dengan melihat model karya seni rupa dua dimensi dengan percaya diri 4.     
  Diberikan pilihan beberapa media dan tehnik, peserta didik dapat memilih media dan teknik untuk membuat  karya seni rupa dua dimensi dengan percaya diri E.  Materi Pembelajaran  1.
  Konsep  dalam
  berkarya seni rupa 2. Unsur dalam berkarya seni rupa 3.
  Prinsip dalam berkarya seni rupa 4. Bahan dalam berkarya seni rupa 5. Teknik dalam berkarya seni rupa 6.  Membuat  karya  seni  rupa  dua  dimensi
  menggunakan berbagai media dengan melihat model 7. Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik dengan
  melihat model F.   Pendekatan, Model dan Metode 1.   
  Pendekatan       : Scientific learning 2.   
  Model/strategi
   : Discovery Learning, Project Base
  Learning 3.   
  Metode             : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan
  penugasan, demonstrasi. G.  Kegiatan Pembelajaran 1.    Pertemuan
  Kesatu: a.    Pendahuluan/Kegiatan
  Awal (15 menit)
   1)       
  Guru menyiapkan peserta
  didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, dengan
  cara menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menunjuk salah satu peserta didik memimpin doa,
  memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas 2)       
  Guru memberikan
  apersepsi, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
  pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari 3)       
  Guru menyampaikan tujuan dan
  kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru harus juga
  mengingatkan kepada peserta didik bahwa di dalam pembelajaran ini menekankan
  kebermaknaan pencapaian tujuan dan kompetensi, bukan hafalan 4)       
  Guru menyampaikan konsep dan
  menyaji hasil pemahaman tentang karya seni rupa dua dimensi  b.    Kegiatan
  Inti ( 70 menit)  Pendekatan yang
  digunakan adalah pendekatan scientific learning, dengan langkah-langkah
  sebagai berikut: 1)     
  Mengamati ·        
  Guru
  meminta siswa untuk melihat berbagai contoh karya seni rupa dua dimensi melalui
  bahan tayangan. ·        
  Guru
  menugaskan siswa membaca buku/e-book/buku online untuk
  menjelaskan konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan, media dan
  teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru. ·        
  Siswa
  membaca buku/e-book/buku online berkaitan dengan konsep,
  unsur, prinsip dan mengidentifikasi
  berbagai bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  berdiskusi tentang konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan,
  media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  menentukan bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  2)     
  Menanya ·        
  Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi konsep, unsur dan
  prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  mengidentifikasi konsep, unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi hasil diskusi dan buku. ·        
  Siswa merinci konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
  media dan teknik seni rupa dua dimensi
   3)     
  Mengumpulkan
  informasi ·        
  Guru memerintahkan kepada siswa untuk mengumpulkan
  informasi terkait konsep, unsur dan
  prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
  buku dan internet ·        
  Siswa mencari dan mengumpulkan informasi terkait
  berbagai konsep, unsur dan
  prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
  media buku dan internet 4)     
  Menalar ·        
  Guru memerintahkan kepada siswa
  untuk mencari beberapa konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
  media dan teknik seni rupa dua dimensi
   melalui media internet ·        
  Siswa mencari beberapa jenis konsep,
  unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi  5)     
  Mengomunikasikan ·        
  Guru
  menugaskan siswa untuk menyajikan konsep, unsur dan prinsip seni rupa dua
  dimensi.  ·        
  Siswa
  lain memberikan tanggapan terhadap presentasi karya.  ·        
  Siswa
  menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.  ·        
  Siswa
  memperbaiki hasil presentasi karya dan membuat kesimpulan c.       Penutup
  (5
  menit) 1)     
  Peserta didik
  bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran 2)     
  Peserta didik melakukan
  penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
  konsisten dan terprogram 3)     
  Peserta didik diberikan penugasan
  sebagai penguatan dan pemantapan 4)     
  Sebagai refleksi, guru membimbing
  peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja
  berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh
  setelah mempelajari topik konsep, unsur, prinsip, bahan, dan
  teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi 5)     
  Menginformasikan
  rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang  membuat karya seni rupa dua
  dimensi menggunakan teknik dengan melihat model.  2.    Pertemuan
  Kedua: a.    Pendahuluan/Kegiatan
  Awal (15 menit)
   1)  
  Guru menyiapkan peserta
  didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, dengan
  cara menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menunjuk salah satu peserta didik memimpin doa,
  memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas 2)  
  Guru memberikan
  apersepsi, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
  pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari 3)  
  Guru menyampaikan tujuan dan
  kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru harus juga
  mengingatkan kepada peserta didik bahwa di dalam pembelajaran ini menekankan
  kebermaknaan pencapaian tujuan dan kompetensi, bukan hafalan 4)  
  Guru menyampaikan konsep dan
  menyaji hasil pemahaman tentang karya seni rupa dua dimensi  b.    Kegiatan
  Inti ( 70 menit)
   Pendekatan yang
  digunakan adalah pendekatan scientific learning, dengan langkah-langkah
  sebagai berikut: 1)Mengamati ·        
  Guru
  meminta siswa untuk melihat berbagai contoh karya seni rupa dua dimensi
  melalui bahan tayangan. ·        
  Guru
  menugaskan siswa membaca buku/e-book/buku online untuk
  menjelaskan konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan, media dan
  teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru. ·        
  Siswa
  membaca buku/e-book/buku online berkaitan dengan konsep,
  unsur, prinsip dan mengidentifikasi
  berbagai bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  berdiskusi tentang konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan,
  media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  menentukan bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi  2)Menanya ·        
  Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi konsep, unsur dan
  prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi  ·        
  Siswa
  mengidentifikasi konsep, unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi hasil diskusi dan buku. ·        
  Siswa merinci konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
  media dan teknik seni rupa dua dimensi
   3)Mengumpulkan informasi ·        
  Guru memerintahkan kepada siswa untuk mengumpulkan
  informasi terkait konsep, unsur dan
  prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
  buku dan internet ·        
  Siswa mencari dan mengumpulkan informasi terkait
  berbagai konsep, unsur dan
  prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
  media buku dan internet 4)Menalar ·        
  Guru memerintahkan kepada
  siswa untuk mencari beberapa konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
  media dan teknik seni rupa dua dimensi
   melalui media internet ·        
  Siswa mencari beberapa jenis konsep,
  unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi  5)Mengomunikasikan ·        
  Guru
  menugaskan siswa untuk membuat  karya seni rupa dua dimensi menggunakan media
  dan teknik dengan melihat model.  ·        
  Siswa
  membuat  karya seni rupa dua
  dimensi menggunakan media dan teknik dengan melihat model ·        
  Siswa
  menyajikan   karya seni rupa dua dimensi menggunakan
  media dan teknik dengan melihat model  ·        
  Siswa
  lain memberikan tanggapan terhadap presentasi karya.  ·        
  Siswa
  menerima tanggapan dari siswa lain dan guru.  ·        
  Siswa
  memperbaiki hasil presentasi karya dan membuat kesimpulan c.   Penutup
  (5 menit) 1)     
  Peserta didik
  bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran 2)     
  Peserta didik melakukan
  penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
  konsisten dan terprogram 3)     
  Peserta didik diberikan penugasan
  sebagai penguatan dan pemantapan 4)     
  Sebagai refleksi, guru membimbing
  peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja
  berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh
  setelah mempelajari topik membuat karya seni rupa dua dimensi
  menggunakan teknik dengan melihat model.  5)     
  Menginformasikan
  rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang  memahami
  karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya karya seni
  rupa tiga dimensi H)    
  Penilaian Pembelajaran,
  Remedial dan Pengayaan 1.    Instrumen
  dan Teknik Penilaian 
 2.    Analisis
  Hasil Penilaian Terlampir pada tugas 1 3.    Pembelajaran
  Remedial dan Pengayaan 
 I)   
  Media, Alat,
  Bahan, dan Sumber Belajar 1.   
  Media: Buku gambar 2.   
  Alat   : LCD, Komputer/laptop 3.   
  Bahan: Pensil warna,
  crayon, cat air 4.   
  Sumber Belajar: E-book, internet  | 
 |||||||||||||||||||
| 
   Mengetahui Kepala       | 
  
   Pemalang,         Juli 20 Guru Mata Pelajaran,  | 
 ||||||||||||||||||

No comments:
Post a Comment