RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1) Sekolah :
SMK Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa) Kelas/Semester
: X / 1 Alokasi
Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan) KB : 75 A. Kompetensi Inti KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah KI 4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan B. Kompetensi Dasar 3.1 Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam
berkarya seni rupa 4.1
Membuat karya seni rupa dua
dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model C. Indikator Pencapaian Kompetensi 3.1.1
Menjelaskan konsep, unsur, prinsip, bahan, dan
teknik dalam berkarya seni rupa 3.1.2 Menyebutkan unsur, bahan, dan teknik dalam berkarya seni
rupa 4.1.1 Mengidentifikasi media dan teknik dengan melihat model
karya seni rupa dua dimensi 4.1.2 Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai
media dan teknik dengan melihat model D. Tujuan Pembelajaran
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
peserta didik dapat menyebutkan unsur, bahan, dan teknik
dalam berkarya seni rupa secara mandiri 3. Disediakan contoh karya seni rupa dua dimensi,
peserta didik akan dapat melakukan identifikasi media
dan teknik dengan melihat model karya seni rupa dua dimensi dengan percaya diri 4.
Diberikan pilihan beberapa media dan tehnik, peserta didik dapat memilih media dan teknik untuk membuat karya seni rupa dua dimensi dengan percaya diri E. Materi Pembelajaran 1.
Konsep dalam
berkarya seni rupa 2. Unsur dalam berkarya seni rupa 3.
Prinsip dalam berkarya seni rupa 4. Bahan dalam berkarya seni rupa 5. Teknik dalam berkarya seni rupa 6. Membuat karya seni rupa dua dimensi
menggunakan berbagai media dengan melihat model 7. Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik dengan
melihat model F. Pendekatan, Model dan Metode 1.
Pendekatan : Scientific learning 2.
Model/strategi
: Discovery Learning, Project Base
Learning 3.
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan
penugasan, demonstrasi. G. Kegiatan Pembelajaran 1. Pertemuan
Kesatu: a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (15 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, dengan
cara menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menunjuk salah satu peserta didik memimpin doa,
memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas 2)
Guru memberikan
apersepsi, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari 3)
Guru menyampaikan tujuan dan
kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru harus juga
mengingatkan kepada peserta didik bahwa di dalam pembelajaran ini menekankan
kebermaknaan pencapaian tujuan dan kompetensi, bukan hafalan 4)
Guru menyampaikan konsep dan
menyaji hasil pemahaman tentang karya seni rupa dua dimensi b. Kegiatan
Inti ( 70 menit) Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan scientific learning, dengan langkah-langkah
sebagai berikut: 1)
Mengamati ·
Guru
meminta siswa untuk melihat berbagai contoh karya seni rupa dua dimensi melalui
bahan tayangan. ·
Guru
menugaskan siswa membaca buku/e-book/buku online untuk
menjelaskan konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan, media dan
teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi ·
Siswa
melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru. ·
Siswa
membaca buku/e-book/buku online berkaitan dengan konsep,
unsur, prinsip dan mengidentifikasi
berbagai bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi ·
Siswa
berdiskusi tentang konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan,
media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi ·
Siswa
menentukan bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi 2)
Menanya ·
Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi konsep, unsur dan
prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi ·
Siswa
mengidentifikasi konsep, unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi hasil diskusi dan buku. ·
Siswa merinci konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
media dan teknik seni rupa dua dimensi
3)
Mengumpulkan
informasi ·
Guru memerintahkan kepada siswa untuk mengumpulkan
informasi terkait konsep, unsur dan
prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
buku dan internet ·
Siswa mencari dan mengumpulkan informasi terkait
berbagai konsep, unsur dan
prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
media buku dan internet 4)
Menalar ·
Guru memerintahkan kepada siswa
untuk mencari beberapa konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
media dan teknik seni rupa dua dimensi
melalui media internet ·
Siswa mencari beberapa jenis konsep,
unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi 5)
Mengomunikasikan ·
Guru
menugaskan siswa untuk menyajikan konsep, unsur dan prinsip seni rupa dua
dimensi. ·
Siswa
lain memberikan tanggapan terhadap presentasi karya. ·
Siswa
menerima tanggapan dari siswa lain dan guru. ·
Siswa
memperbaiki hasil presentasi karya dan membuat kesimpulan c. Penutup
(5
menit) 1)
Peserta didik
bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran 2)
Peserta didik melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram 3)
Peserta didik diberikan penugasan
sebagai penguatan dan pemantapan 4)
Sebagai refleksi, guru membimbing
peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja
berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh
setelah mempelajari topik konsep, unsur, prinsip, bahan, dan
teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi 5)
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang membuat karya seni rupa dua
dimensi menggunakan teknik dengan melihat model. 2. Pertemuan
Kedua: a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (15 menit)
1)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, dengan
cara menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan menunjuk salah satu peserta didik memimpin doa,
memeriksa kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas 2)
Guru memberikan
apersepsi, dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari 3)
Guru menyampaikan tujuan dan
kompetensi yang harus dikuasai para peserta didik. Guru harus juga
mengingatkan kepada peserta didik bahwa di dalam pembelajaran ini menekankan
kebermaknaan pencapaian tujuan dan kompetensi, bukan hafalan 4)
Guru menyampaikan konsep dan
menyaji hasil pemahaman tentang karya seni rupa dua dimensi b. Kegiatan
Inti ( 70 menit)
Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan scientific learning, dengan langkah-langkah
sebagai berikut: 1)Mengamati ·
Guru
meminta siswa untuk melihat berbagai contoh karya seni rupa dua dimensi
melalui bahan tayangan. ·
Guru
menugaskan siswa membaca buku/e-book/buku online untuk
menjelaskan konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan, media dan
teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi ·
Siswa
melihat bahan tayang yang disajikan oleh Guru. ·
Siswa
membaca buku/e-book/buku online berkaitan dengan konsep,
unsur, prinsip dan mengidentifikasi
berbagai bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi ·
Siswa
berdiskusi tentang konsep, unsur, prinsip dan mengidentifikasi berbagai bahan,
media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi ·
Siswa
menentukan bahan, media dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi 2)Menanya ·
Guru menugaskan siswa untuk mengidentifikasi konsep, unsur dan
prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi ·
Siswa
mengidentifikasi konsep, unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi hasil diskusi dan buku. ·
Siswa merinci konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
media dan teknik seni rupa dua dimensi
3)Mengumpulkan informasi ·
Guru memerintahkan kepada siswa untuk mengumpulkan
informasi terkait konsep, unsur dan
prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
buku dan internet ·
Siswa mencari dan mengumpulkan informasi terkait
berbagai konsep, unsur dan
prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi melalui
media buku dan internet 4)Menalar ·
Guru memerintahkan kepada
siswa untuk mencari beberapa konsep, unsur dan prinsip serta bahan,
media dan teknik seni rupa dua dimensi
melalui media internet ·
Siswa mencari beberapa jenis konsep,
unsur dan prinsip serta bahan, media dan teknik seni rupa dua dimensi 5)Mengomunikasikan ·
Guru
menugaskan siswa untuk membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan media
dan teknik dengan melihat model. ·
Siswa
membuat karya seni rupa dua
dimensi menggunakan media dan teknik dengan melihat model ·
Siswa
menyajikan karya seni rupa dua dimensi menggunakan
media dan teknik dengan melihat model ·
Siswa
lain memberikan tanggapan terhadap presentasi karya. ·
Siswa
menerima tanggapan dari siswa lain dan guru. ·
Siswa
memperbaiki hasil presentasi karya dan membuat kesimpulan c. Penutup
(5 menit) 1)
Peserta didik
bersama-sama guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran 2)
Peserta didik melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram 3)
Peserta didik diberikan penugasan
sebagai penguatan dan pemantapan 4)
Sebagai refleksi, guru membimbing
peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang pelajaran yang baru saja
berlangsung serta menanyakan kepada peserta didik apa manfaat yang diperoleh
setelah mempelajari topik membuat karya seni rupa dua dimensi
menggunakan teknik dengan melihat model. 5)
Menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang memahami
karya seni rupa berdasarkan, jenis, tema, dan nilai estetisnya karya seni
rupa tiga dimensi H)
Penilaian Pembelajaran,
Remedial dan Pengayaan 1. Instrumen
dan Teknik Penilaian
2. Analisis
Hasil Penilaian Terlampir pada tugas 1 3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
I)
Media, Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar 1.
Media: Buku gambar 2.
Alat : LCD, Komputer/laptop 3.
Bahan: Pensil warna,
crayon, cat air 4.
Sumber Belajar: E-book, internet |
|||||||||||||||||||
Mengetahui Kepala |
Pemalang, Juli 20 Guru Mata Pelajaran, |
0 comments:
Post a Comment