Just another free Blogger theme

Put your ad code here

Responsive Ad

kumpulan artikel tentang pembelajaran, teknologi, olah raga, seni, dan lain lain

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

CATEGORIES

SOAL BAHASA INGGRIS X UAS GENAP 2022

ANNOUNCEMENT To      : Grade X students of SMK NEPAL From : Mrs. ERMA UJIYANTI Dear students, There will be an English  Class  started fro...

Friday, August 06, 2021

 



SILABUS PEMBELAJARAN

 

Nama Sekolah                  :    SMK 

Bidang Keahlian              :    Seluruh Bidang Keahlian

Program Keahlian            :   Seluruh Program Keahlian

Kompetensi Keahlian       :  Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)

Mata Pelajaran                 :    PAI dan Budi Pekerti

Kelas / Semester              :    XI / Ganjil dan Genap

Tahun Pelajaran               :    2021/2022

Jam Pelajaran                  :    105  JP (@ 45 Menit)

 

Kompetensi Inti:

KI 1      :    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

KI 2      :    Menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3      :    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI 4      :    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

                 Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

                 Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

JP

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

PPK

Sumber Belajar

3.12   Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja

 

 

3.12.1   Membaca Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.

3.12.2   Menyebutkan arti Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9:105.

3.12.3   Menjelaskan makna isi Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.

3.12.4   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.

3.12.5   Menampilkan contoh perilaku taat kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras berdasarkan Q.S. an-Nisā'/4: 59, QS. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9:105.

 

4.1.1     Membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.2     Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar

4.1.3     Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105

Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 :

·     Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9: 105 .

·     Arti Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9:105.

·     Makna isi Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at Taubah/9: 105 ..

·     Hafalan Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah /9: 105 .

·     Contoh perilaku taat kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras berdasarkan Q.S. an-Nisā'/4: 59, QS. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9:105

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

·       Mengumpulkan data tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

·       Mengolah data tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

·       Mengomunikasikan tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.13   Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan

3.13.1   Menunjukkan contoh perilaku toleran dan menghindari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait.

3.13.2   Menampilkan perilaku sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yŭnus/10:40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait.

3.13.3   Membaca Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 dengan benar.

3.13.4   Mengidentifikasi hukum bacaan tajwĩd Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32.

3.13.5   Menyebutkan arti Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan.

3.13.6   Menjelaskan isi Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan.

3.13.7   Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yŭnus (10): 40-41 dan Q.S. al-Māidah (5):32.

3.13.8   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32.

 

4.13.1   Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar

4.13.2   Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah/5: 32

Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 :

·     Contoh perilaku toleran dan menghindari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait.

·     Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 .

·     Hukum bacaan tajwĩd Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32.

·     Arti Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan.

·     Isi Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan.

·     Hafalan Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32.

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32

·       Mengumpulkan data tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32

·       Mengolah data tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32

·       Mengomunikasikan tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.14  Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

 

4.14   Menyajikan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt., dengan perilaku sehari-hari

3.14.1   Menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

3.14.2   Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

3.14.3   Mengidentifikasi ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

3.14.4   Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

3.14.5   Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

 

4.14.1   Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt.

4.14.2   Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada orang lain dan saling menasihati.

Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.:

·     Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·     Kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·     Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·     Perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt.

·     Hikmah dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

·       Mengumpulkan data tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

·       Mengolah data tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

·       Mengomunikasikan tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.15  Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

 

4.15  Menyajikan kaitan antara iman kepada rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan, dan kecintaan kepada Allah

3.15.1   Menyebutkan arti iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

3.15.2   Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

3.15.3   Menjelaskan makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

3.15.4   Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

3.15.5   M enyimpulkan keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.

 

4.15.1   Menyajikan paparan tentang makna, tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

4.15.2   Menyajikan paparan keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.

Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. :

·     Arti iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

·     Kandungan dalil naqli tentang iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

·     Makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

·     Perilaku yang mencerminkan iman kepada rasul-rasul Allah Swt.

·     Keterkaitan antara beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong.

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

·       Mengumpulkan data tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

·       Mengolah data tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

·       Mengomunikasikan tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait  Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt.

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.16  Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari

 

4.16  Menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari

3.16.1   Mengidentifikasi gambar, peristiwa, atau fenomena alam terkait dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).

3.16.2   Memahami dalil-dalil tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).

3.16.3   Menganalisis hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

3.16.4   Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).

3.16.5   Menganalisis ciri-ciri orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

3.16.6   Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

 

4.16.1   Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

4.16.2   Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat dari sifat hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

Syaja’ah (berani membela kebenaran):

·     Gambar, peristiwa, atau fenomena alam terkait dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Dalil tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Makna Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Ciri orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Dalil-dali yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran)..

·     Hikmah dan manfaat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

·     Hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran).

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran)

·       Mengumpulkan data tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran)

·       Mengolah data tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran)

·       Mengomunikasikan tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran)

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Syaja’ah (berani membela kebenaran)

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran)

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.17   Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

 

4.17   Menyajikan kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait

3.17.1   Menjelaskan isi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.

3.17.2   Menjelaskan isi hadis-hadis yang terkait dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

3.17.3   Menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

3.17.4   Menampilkan perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari

3.17.5   Menyimpulkan hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

 

4.17.1   Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

4.17.2   Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru :

·     Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.

·     Hadis-hadis yang terkait dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

·     Contoh perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

·     Perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari

·     Hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·       Mengumpulkan data tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·       Mengolah data tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·       Mengomunikasikan tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.18   Menganalisis pelaksanaan penyelenggara-an jenazah

 

4.18   Menyajikan prosedur penyelenggara-an jenazah

3.18.1   Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang kepedulian terhadap jenazah.

3.18.2   Menjelaskan tata cara penyelenggaraan jenazah menurut hukum Islam.

3.18.3   Menjelaskan tata cara bertakziah sesuai ajaran Islam.

3.18.4   Menjelaskan tata cara berziarah sesuai ajaran Islam.

 

4.18.1   Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah, takziah dan ziarah sesuai dengan ajaran Islam.

4.18.2   Menyajikan paparan tentang makna, dalil, dan contoh tatacara penyelenggaraan jenazah.

4.18.3   Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah :

·     Kandungan dalil naqli tentang kepedulian terhadap jenazah.

·     Tata cara penyelenggaraan jenazah menurut hukum Islam.

·     Tata cara bertakziah sesuai ajaran Islam.

·     Tata cara berziarah sesuai ajaran Islam.

·     Penyelenggaraan jenazah, takziah dan ziarah sesuai dengan ajaran Islam.

·     Hikmah dan manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah.

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

·       Mengumpulkan data tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

·       Mengolah data tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

·       Mengomunikasikan tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.19   Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig, dan dakwah

 

4.19   Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan dakwah

3.19.1   Menjelaskan pengertian khutbah, tabl³g, dan dakwah.

3.19.2   Menjelaskan dalil yang menerangkan tentang khutbah, tabl³g dan dakwah.

3.19.3   Membedakan antara khutbah, tabl³g, dan dakwah.

3.19.4   Menjelaskan ketentuan syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabl³g, dan dakwah.

3.19.5   Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

3.19.6   Menyimpulkan hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

 

4.19.1   Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

4.19.2   Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

4.19.3   Mempraktikkan khutbah, tabl³g, dan dakwah.

4.19.4   Membiasakan khutbah, tabl³g, dan dakwah dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat :

·     Pengertian khutbah, tabl³g, dan dakwah.

·     Dalil yang menerangkan tentang khutbah, tabl³g dan dakwah.

·     Khutbah, tabl³g, dan dakwah.

·     Syariat Islam dalam pelaksanaan khutbah, tabl³g, dan dakwah.

·     Hkmah dan manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

·       Mengumpulkan data tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

·       Mengolah data tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

·       Mengomunikasikan tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.20   Menganalisis prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

 

4.20   Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

3.20.1   Menunjukkan contoh perilaku berokonomi berdasarkan syariat Islam.

3.20.2   Menampilkan perilaku berekonomi berdasarkan prinsip-prinsip ajaran Islam.

3.20.3   Menjelaskan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.

3.20.4   Menjelaskan dalil-dalil naṡ tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.

3.20.5   Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

3.20.6   Menganalisis hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

3.20.7   Menyimpulkan hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

 

4.20.1   Menyajikan paparan tentang makna dan dalil tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

4.20.2   Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam :

·     Perilaku berokonomi berdasarkan syariat Islam.

·     Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.

·     Dalil-dalil naṡ tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.

·     Hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.

12  JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

·       Mengumpulkan data tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

·       Mengolah data tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

·       Mengomunikasikan tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.21   Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

 

4.21   Menyajikan kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan dengan prinsip-prinsip yang mempengaru-hinya

3.21.1   Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

3.21.2   Menyimak tayangan atau penjelasan tentang perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

3.21.3   Mencermati hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

3.21.4   Mengidentifikasi contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

3.21.5   Menganalisis contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

3.21.6   Menganalisis hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

3.21.7   Menyimpulkan hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

 

4.21.1   Menyajikan paparan tentang contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

4.21.2   Menyajikan paparan tentang hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan:

·     Gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

·     Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

·     Hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

·     Contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan.

12 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·       Mengumpulkan data tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·       Mengolah data tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·       Mengomunikasikan tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

3.22   Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

 

3.22.1   Mendeskripsikan perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang)

3.22.2   Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kemunduran umat Islam.

3.22.3   Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi kebangkitan umat Islam.

3.22.4   Menjelaskan hikmah dari perkembangan Islam pada masa modern.

3.22.5   Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

3.22.6   Menganalisis hikmah dan manfaat dari faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

3.22.7   Menyimpulkan hikmah dan manfaat faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).

 

4.22.1   Menyajikan prinsip-prinsip perkembangan peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang)

4.22.2   Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern

Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang):

·     Perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang)

·     Faktor-faktor yang memengaruhi kemunduran umat Islam.

·     Hikmah dari perkembangan Islam pada masa modern.

16 JP

·       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

·       Mengumpulkan data tentang Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

·       Mengolah data tentang Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

·       Mengomunikasikan tentang Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

·       Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

·       Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang)

Sikap :

·      Observasi,

·      Penilaian diri (self assessment),

·      Penilaian teman sejawat/antarpeserta didik (peer assessment),

·      Jurnal

 

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

·      Penugasan

 

Keterampilan:

·      Tes praktik,

·      Proyek,

·      Penilaian portofolio

Religiositas

Disiplin

Rasa ingin tahu

Literasi

·        Modul

·        Buku PAI dan BP SMK

·        Internet

·        AlQur’an

·        Hadist

 

 

 

Categories:


Silahkan copy dan share apabila bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment