SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Bidang
Keahlian :
Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian :
Seluruh
Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian :
Seluruh
Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata
Pelajaran :
PAI dan Budi Pekerti
Kelas /
Semester : XI / Ganjil dan Genap
Tahun
Pelajaran : 2021/2022
Jam
Pelajaran :
105 JP (@ 45 Menit)
Kompetensi Inti:
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4 : Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Materi
Pokok |
JP |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
PPK |
Sumber
Belajar |
3.12 Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48;
Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
3.12.1 Membaca Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan
makhrajul huruf. 3.12.2 Menyebutkan arti Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9:105. 3.12.3 Menjelaskan makna isi Q.S. an-Nisā'/4: 59,
Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan
makhrajul huruf. 3.12.4 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nisā'/4:
59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd
dan makhrajul huruf. 3.12.5 Menampilkan contoh perilaku taat kompetitif
dalam kebaikan dan kerja keras berdasarkan Q.S. an-Nisā'/4: 59, QS.
al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9:105. 4.1.1 Membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S.
an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan
makharijul huruf 4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5
: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar 4.1.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah
berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai
dengan pesan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9
: 105 |
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S.
at Taubah /9: 105 : ·
Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9: 105 . ·
Arti Q.S. an-Nisā'/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9:105. ·
Makna isi Q.S. an-Nisā'/4: 59,
Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at Taubah/9: 105 .. ·
Hafalan Q.S. an-Nisā'/4: 59,
Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah /9: 105 . ·
Contoh perilaku taat kompetitif
dalam kebaikan dan kerja keras berdasarkan Q.S. an-Nisā'/4: 59, QS.
al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9:105 |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 · Mengumpulkan data tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 · Mengolah data tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S.
at Taubah /9: 105 · Mengomunikasikan tentang Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan
Q.S. at Taubah /9: 105 · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Q.S. al Maidah/5:
48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Q.S. al
Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.13 Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41
dan Q.S. al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan
menghindarkan diri dari tindak kekerasan |
3.13.1 Menunjukkan contoh perilaku toleran dan
menghindari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait. 3.13.2 Menampilkan perilaku sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Yŭnus/10:40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang
terkait. 3.13.3 Membaca Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S.
al-Māidah /5: 32 dengan benar. 3.13.4 Mengidentifikasi hukum bacaan tajwĩd Q.S.
Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32. 3.13.5 Menyebutkan arti Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan
Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran,
rukun dan menghindari tindak kekerasan. 3.13.6 Menjelaskan isi Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan
Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran,
rukun dan menghindari tindak kekerasan. 3.13.7 Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yŭnus (10):
40-41 dan Q.S. al-Māidah (5):32. 3.13.8 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yŭnus/10:
40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32. 4.13.1 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10 :
40-41 dan Q.S. al-Maidah/5 : 32 dengan fasih dan lancar 4.13.2 Menyajikan keterkaitan antara kerukunan dan
toleransi sesuai pesan Q.S. Yunus/10: 40-41 dengan menghindari tindak
kekerasan sesuai pesan Q.S. Al-Maidah/5: 32 |
Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 : ·
Contoh perilaku toleran
dan menghindari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait. ·
Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah
/5: 32 . ·
Hukum bacaan tajwĩd
Q.S. Yŭnus/10: 40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32. ·
Arti Q.S. Yŭnus/10:
40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku
toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan. ·
Isi Q.S. Yŭnus/10:
40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku
toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan. ·
Hafalan Q.S. Yŭnus/10:
40-41 dan Q.S. al-Māidah /5: 32. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 · Mengumpulkan data tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 · Mengolah data tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 · Mengomunikasikan tentang Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Q.S. Yunus/10 : 40-41
dan Q.S. al-Maidah/5: 32 · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Q.S.
Yunus/10 : 40-41 dan Q.S. al-Maidah/5: 32 |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.14 Menganalisis
makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. 4.14 Menyajikan keterkaitan antara beriman
kepada kitab-kitab suci Allah Swt., dengan perilaku sehari-hari |
3.14.1 Menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab
Allah Swt. 3.14.2 Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang
iman kepada kitab-kitab Allah Swt. 3.14.3 Mengidentifikasi ciri-ciri orang beriman
kepada kitab-kitab Allah Swt. 3.14.4 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman
kepada kitab-kitab Allah Swt. 3.14.5 Mengidentifikasi hikmah dan manfaat beriman
kepada kitab-kitab suci Allah Swt. 4.14.1 Menyajikan paparan tentang makna,
tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. 4.14.2 Menyajikan paparan keterkaitan antara
beriman kepada kitab-kitab suci Allah Swt. dengan perilaku peduli kepada
orang lain dan saling menasihati. |
Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.: · Makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. · Kandungan dalil naqli tentang iman kepada kitab-kitab Allah Swt. · Ciri-ciri orang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. · Perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah Swt. ·
Hikmah dan manfaat beriman kepada
kitab-kitab suci Allah Swt |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Iman
kepada Kitab-kitab Allah Swt. · Mengumpulkan data tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt. · Mengolah data tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt. · Mengomunikasikan tentang Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt. · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Iman kepada Kitab-kitab
Allah Swt. · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Iman
kepada Kitab-kitab Allah Swt. |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.15 Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. 4.15 Menyajikan kaitan antara iman kepada
rasul-rasul Allah Swt. dengan keteguhan dalam bertauhid, toleransi, ketaatan,
dan kecintaan kepada Allah |
3.15.1 Menyebutkan arti iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. 3.15.2 Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang
iman kepada rasul-rasul Allah Swt. 3.15.3 Menjelaskan makna iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. 3.15.4 Menunjukkan perilaku yang mencerminkan iman
kepada rasul-rasul Allah Swt. 3.15.5 M enyimpulkan keterkaitan antara beriman
kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong. 4.15.1 Menyajikan paparan tentang makna,
tanda-tanda, hikmah, dan manfaat beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. 4.15.2 Menyajikan paparan keterkaitan antara
beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong. |
Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. : · Arti
iman kepada rasul-rasul Allah Swt. · Kandungan
dalil naqli tentang iman kepada rasul-rasul Allah Swt. · Makna
iman kepada rasul-rasul Allah Swt. · Perilaku
yang mencerminkan iman kepada rasul-rasul Allah Swt. ·
Keterkaitan antara
beriman kepada Rasul-rasul Allah Swt. dengan perilaku saling tolong menolong. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Iman
kepada Rasul-rasul Allah Swt. · Mengumpulkan data tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. · Mengolah data tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. · Mengomunikasikan tentang Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Iman kepada Rasul-rasul Allah Swt. · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Iman
kepada Rasul-rasul Allah Swt. |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.16 Menganalisis makna syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari 4.16 Menyajikan kaitan antara syaja’ah (berani
membela kebenaran) dengan upaya mewujudkan kejujuran dalam kehidupan
sehari-hari |
3.16.1 Mengidentifikasi gambar, peristiwa, atau
fenomena alam terkait dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran). 3.16.2 Memahami dalil-dalil tentang Syaja’ah
(berani membela kebenaran). 3.16.3 Menganalisis hikmah dan manfaat dari sifat
Syaja’ah (berani membela kebenaran). 3.16.4 Menganalisis makna Syaja’ah (berani membela
kebenaran). 3.16.5 Menganalisis ciri-ciri orang yang memiliki
sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran). 3.16.6 Mengidentifikasi tanda-tanda orang yang
memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran). 4.16.1 Menyajikan paparan tentang makna, dalil,
dan contoh sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran). 4.16.2 Menyajikan paparan tentang hikmah dan
manfaat dari sifat hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah (berani membela
kebenaran). |
Syaja’ah (berani membela kebenaran): · Gambar, peristiwa, atau fenomena alam terkait dengan Syaja’ah (berani
membela kebenaran). · Dalil tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran). · Hikmah dan manfaat dari sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran). · Makna Syaja’ah (berani membela kebenaran). · Ciri orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela kebenaran). · Tanda-tanda orang yang memiliki sifat Syaja’ah (berani membela
kebenaran). · Dalil-dali yang berkaitan dengan Syaja’ah (berani membela kebenaran).. · Hikmah dan manfaat Syaja’ah (berani membela kebenaran). ·
Hikmah dan manfaat sifat Syaja’ah
(berani membela kebenaran). |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Syaja’ah
(berani membela kebenaran) · Mengumpulkan data tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran) · Mengolah data tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran) · Mengomunikasikan tentang Syaja’ah (berani membela kebenaran) · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Syaja’ah (berani membela
kebenaran) · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Syaja’ah
(berani membela kebenaran) |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.17 Menganalisis
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru 4.17 Menyajikan
kaitan antara ketauhidan dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru sesuai dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait |
3.17.1 Menjelaskan isi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24. 3.17.2 Menjelaskan isi hadis-hadis yang terkait
dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. 3.17.3 Menunjukkan contoh perilaku yang
mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. 3.17.4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari 3.17.5 Menyimpulkan hikmah dan manfaat hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru. 4.17.1 Menyajikan paparan tentang makna, dalil,
dan contoh hormat dan patuh kepada orangtua dan guru. 4.17.2 Menyajikan paparan tentang hikmah dan
manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru |
Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru : ·
Q.S. al Isrā’ /17: 23-24. ·
Hadis-hadis yang terkait dengan
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. ·
Contoh perilaku yang
mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. ·
Perilaku yang mencerminkan
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari ·
Hikmah dan manfaat hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru · Mengumpulkan data tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru · Mengolah data tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru · Mengomunikasikan tentang Hormat dan patuh kepada orangtua dan guru · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.18 Menganalisis
pelaksanaan penyelenggara-an jenazah 4.18 Menyajikan
prosedur penyelenggara-an jenazah |
3.18.1 Menjelaskan kandungan dalil naqli tentang
kepedulian terhadap jenazah. 3.18.2 Menjelaskan tata cara penyelenggaraan
jenazah menurut hukum Islam. 3.18.3 Menjelaskan tata cara bertakziah sesuai
ajaran Islam. 3.18.4 Menjelaskan tata cara berziarah sesuai
ajaran Islam. 4.18.1 Mempraktikkan penyelenggaraan jenazah,
takziah dan ziarah sesuai dengan ajaran Islam. 4.18.2 Menyajikan paparan tentang makna, dalil,
dan contoh tatacara penyelenggaraan jenazah. 4.18.3 Menyajikan paparan tentang hikmah dan
manfaat tatacara penyelenggaraan jenazah. |
Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah : · Kandungan dalil naqli tentang kepedulian terhadap jenazah. · Tata cara penyelenggaraan jenazah menurut hukum Islam. · Tata cara bertakziah sesuai ajaran Islam. · Tata cara berziarah sesuai ajaran Islam. · Penyelenggaraan jenazah, takziah dan ziarah sesuai dengan ajaran Islam. ·
Hikmah dan manfaat tatacara
penyelenggaraan jenazah. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Pelaksanaan
tatacara penyelenggaraan jenazah · Mengumpulkan data tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah · Mengolah data tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah · Mengomunikasikan tentang Pelaksanaan tatacara penyelenggaraan jenazah · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Pelaksanaan tatacara
penyelenggaraan jenazah · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Pelaksanaan
tatacara penyelenggaraan jenazah |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.19 Menganalisis pelaksanaan khutbah, tablig,
dan dakwah 4.19 Menyajikan ketentuan khutbah, tablig, dan
dakwah |
3.19.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabl³g, dan
dakwah. 3.19.2 Menjelaskan dalil yang menerangkan tentang
khutbah, tabl³g dan dakwah. 3.19.3 Membedakan antara khutbah, tabl³g, dan
dakwah. 3.19.4 Menjelaskan ketentuan syariat Islam dalam
pelaksanaan khutbah, tabl³g, dan dakwah. 3.19.5 Menganalisis hikmah dan manfaat ketentuan
khutbah, tablig dan dakwah. 3.19.6 Menyimpulkan hikmah dan manfaat ketentuan
khutbah, tablig dan dakwah. 4.19.1 Menyajikan paparan tentang makna dan dalil
tentang ketentuan khutbah, tablig dan dakwah. 4.19.2 Menyajikan paparan tentang hikmah dan
manfaat ketentuan khutbah, tablig dan dakwah. 4.19.3 Mempraktikkan khutbah, tabl³g, dan dakwah. 4.19.4 Membiasakan khutbah, tabl³g, dan dakwah
dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. |
Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat : ·
Pengertian khutbah,
tabl³g, dan dakwah. ·
Dalil yang menerangkan
tentang khutbah, tabl³g dan dakwah. ·
Khutbah, tabl³g, dan
dakwah. ·
Syariat Islam dalam
pelaksanaan khutbah, tabl³g, dan dakwah. ·
Hkmah dan manfaat
ketentuan khutbah, tablig dan dakwah. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang
Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat · Mengumpulkan data tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat · Mengolah data tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat · Mengomunikasikan tentang Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di
masyarakat · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Pelaksanaan khutbah,
tabligh dan dakwah di masyarakat · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan
Pelaksanaan khutbah, tabligh dan dakwah di masyarakat |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.20 Menganalisis
prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam 4.20 Menentukan kegiatan usaha sesuai dengan prinsip- prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam |
3.20.1 Menunjukkan contoh perilaku berokonomi
berdasarkan syariat Islam. 3.20.2 Menampilkan perilaku berekonomi berdasarkan
prinsip-prinsip ajaran Islam. 3.20.3 Menjelaskan prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi Islam. 3.20.4 Menjelaskan dalil-dalil naṡ tentang
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam. 3.20.5 Menganalisis prinsip-prinsip dan praktik
ekonomi dalam Islam. 3.20.6 Menganalisis hikmah dan manfaat
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. 3.20.7 Menyimpulkan hikmah dan manfaat
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. 4.20.1 Menyajikan paparan tentang makna dan dalil
tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. 4.20.2 Menyajikan paparan tentang hikmah dan
manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. |
Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam : · Perilaku berokonomi berdasarkan syariat Islam. · Prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam. · Dalil-dalil naṡ tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam. · Hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Prinsip-
prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam · Mengumpulkan data tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam · Mengolah data tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam · Mengomunikasikan tentang Prinsip- prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Prinsip- prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Prinsip-
prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.21 Menelaah
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan 4.21 Menyajikan
kaitan antara perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan dengan
prinsip-prinsip yang mempengaru-hinya |
3.21.1 Mengamati gambar, peristiwa, atau penomena
alam yang terkait dengan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 3.21.2 Menyimak tayangan atau penjelasan tentang
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 3.21.3 Mencermati hikmah dan manfaat perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan. 3.21.4 Mengidentifikasi contoh-contoh kemajuan
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 3.21.5 Menganalisis contoh-contoh kemajuan
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 3.21.6 Menganalisis hikmah dan manfaat
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 3.21.7 Menyimpulkan hikmah dan manfaat
perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 4.21.1 Menyajikan paparan tentang contoh-contoh
kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. 4.21.2 Menyajikan paparan tentang hikmah dan
manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. |
Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan: · Gambar, peristiwa, atau penomena alam yang terkait dengan perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan. · Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. · Hikmah dan manfaat perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. · Contoh-contoh kemajuan perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan. |
12 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan · Mengumpulkan data tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
· Mengolah data tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan · Mengomunikasikan tentang Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Perkembangan peradaban
Islam pada masa kejayaan · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Perkembangan
peradaban Islam pada masa kejayaan |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
3.22 Menelaah
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) |
3.22.1 Mendeskripsikan perkembangan Islam pada
masa modern (1800 – sekarang) 3.22.2 Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
kemunduran umat Islam. 3.22.3 Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
kebangkitan umat Islam. 3.22.4 Menjelaskan hikmah dari perkembangan Islam
pada masa modern. 3.22.5 Menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang). 3.22.6 Menganalisis hikmah dan manfaat dari
faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang). 3.22.7 Menyimpulkan hikmah dan manfaat
faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang). 4.22.1 Menyajikan prinsip-prinsip perkembangan
peradaban Islam pada masa modern (1800-sekarang) 4.22.2 Menyajikan prinsip-prinsip pembaharuan yang
sesuai dengan perkembangan peradaban Islam pada masa modern |
Perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang): · Perkembangan Islam pada masa modern (1800 – sekarang) · Faktor-faktor yang memengaruhi kemunduran umat Islam. · Hikmah dari perkembangan Islam pada masa modern. |
16 JP |
· Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Perkembangan
Islam pada masa modern (1800-sekarang) · Mengumpulkan data tentang Perkembangan Islam pada masa modern
(1800-sekarang) · Mengolah data tentang Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) · Mengomunikasikan tentang Perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) · Bertanya dan mempertanyakan hal-hal yang terkait Perkembangan Islam pada
masa modern (1800-sekarang) · Melakukan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan Perkembangan
Islam pada masa modern (1800-sekarang) |
Sikap : · Observasi,
· Penilaian
diri (self assessment), · Penilaian
teman sejawat/antarpeserta didik (peer
assessment), · Jurnal Pengetahuan: ·
Tes tertulis ·
Tes lisan ·
Penugasan Keterampilan: · Tes praktik, · Proyek, · Penilaian portofolio |
Religiositas Disiplin Rasa ingin tahu Literasi |
·
Modul ·
Buku PAI dan BP SMK ·
Internet ·
AlQur’an ·
Hadist |
0 comments:
Post a Comment